Kesehatan

Waspada, Diare Tanda Tertular Omicron yang Tengah Dikeluhkan

Omicron menjadi salah satu alasan mengapa kasus penularan virus corona di Indonesia melonjak akhir-akhir ini. Meski menurut para medis varian tersebut tidak termasuk dalam jenis yang berbahaya, namun mudahnya virus menular tentu harus menjadi hal yang diwaspadai untuk sebagian orang dengan penyakit bawaan. Sayangnya, begitu ringannya gejala yang ditimbulkan membuat kebanyakan orang tidak mampu membedakan tanda-tanda bahwa dirinya telah terjangkit COVID-19 varian Omicron.

Melansir cnbcindonesia.com, salah satu tanda yang mungkin timbul tersebut adalah diare. Hal ini sejatinya merupakan fakta baru yang ditemukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC). Sebanyak 20 persen pasien COVID-19 mengalami diare sebagai gejala awal terpapar virus corona varian Omicron seperti dilaporkan oleh John Hopkins Medicine. Secara umum, pasien virus corona varian Omicron memang diketahui mengeluhkan tentang rasa tidak nyaman pada perut.

Selain diare, sebantak 14 persen pasien mengalami rasa kembung, 10 persen pasien mengalami gejala sendawa, 9 persen pasien mengeluh muntah, dan 7 persen lainnya mengalami sakit perut bahkan setelah pulih dari COVID-19. Gejala-gejala tersebut diikuti juga dengan keluhan lainnya seperti sakit tenggorokan, batuk kering, nyeri otot, dan kedinginan yang serupa dengan flu. Bahkan, beberapa pasien tercatat mengalami serak, menggigil, pusing, kehilangan nafsu makan, hingga mual dan asam lambung.

Related Articles

Back to top button