Kesehatan

Rekomendasi Menu Berbuka Puasa Sesuai Anjuran Rasulullah Muhammad SAW

Saat menunaikan kewajiban ibadah puasa Ramadhan tubuh kita memerlukan asupan nutrisi untuk mempertahankan fungsinya sehari – hari. Namun, kebiasaan konsumtif masyarakat Indonesia terutama pada menu gorengan dan minuman segar membuat tujuan ini kerap kali dikesampingkan. Pada kenyataannya, tubuh memerlukan zat yang dapat menggantikan hilangnya nutrisi selama seharian penuh berpuasa.

Salah satunya yang sangat berperan penting adalah air putih. Meneguk segelas air sebelum menyantap apa pun saat berbuka puasa adalah pilihan yang tepat. Air putih dapat membantu tubuh terhindar dari dehidrasi. Bahkan membiasakan diri memulai menu buka puasa kita dengan yang satu ini dipercaya dapat mempertahankan kinerja ginjal. Dengan begitu racun yang ada di dalam tubuh dapat dikeluarkan secara alami dan sebagaimana mestinya.

Tidak hanya itu, glukosa juga merupakan salah satu zat yang dapat menunjang kesehatan tubuh kita selama berpuasa. Zat yang satu ini berfungsi sebagai sumber energi bagi hampir setiap sel dalam tubuh kita. Mulai dari sel otak, saraf, darah merah, hingga beberapa sel retina dan lensa mata kinerjanya ditopang secara alami oleh glukosa. Untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut, kita dapat mengonsumsi kurma sebagai menu buka puasa.

Kismis dan madu murni juga merupakan beberapa jenis di antaranya. Bahkan Rasulullah Muhammad SAW menjadikannya menu favorit di kala Ramadhan. Hal tersebut juga merupakan salah satu anjuran yang tertera dalam suatu hadist berbunyi,

“Kalian mempunyai kismis (anggur). Ia dapat mencerahkan wajah dan menghilanghkan dahak.” (Hadist Riwayat Abu Nuaim)

Itulah beberapa jenis rekomendasi asupan sesuai anjuran Rasulullah yang dapat kita konsumsi saat berbuka puasa nanti. Selain memang terbilang alami, baik air putih, kurma, kismis dan juga madu memiliki perannya masing –masing sebagai penunjang kesehatan tubuh selama menunaikan ibadah puasa. Semoga dengan mengikuti anjuran ini kita termasuk ke dalam umat yang taat dan diganjar pahala oleh Allah SWT.

Related Articles

Back to top button