Yatim dan Dhuafa

Ketahui, Terdapat 2.5 Persen Hak Fakir Miskin Dalam Harta Kita

Membelanjakan harta untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari – hari adalah suatu kewajiban yang harus dituntaskan baik oleh individu maupun rumah tangga. Tentu saja demi dapat bertahan hidup, manusia harus mencari nafkah dan memanfaatkannya sebaik mungkin. Meskipun begitu, ada cara lain dalam membelanjakan harta yang sangat diutamakan dalam ajaran agama Islam.

Bagaimana tidak? Sesungguhnya dalam setiap rejeki yang kita miliki terdapat hak fakir dan miskin. Jumlahnya pun bahkan tak melebihi kebutuhan tata arias ataupun hobi kita. Ya, cukup belanjakan sebanyak 2.5 persen dari seluruh harta yang kita miliki dan mengeluarkannya dalam bentuk zakat. Hal ini sejatinya merupakan seruan langsung dari Allah SWT dalam firmannya yang berbunyi:

“Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak, dan tidak menafkahkannya di jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih.” (QS. At-Taubah: 34)

Mengeluarkan zakat untuk harta yang tidak bergerak dan bermanfaat sangatlah dianjurkan. Bahkan mengabaikannya justru akan menimbulkan kemurkaan Allah SWT. Tidak tanggung – tanggung, siksaan pedih akan diterima bagi mereka yang tak berniat sedikitpun membelanjakan hartanya di jalan Allah SWT. Oleh karena itu, pastikan selalu bahwa kita rutin membersihkan harta yang dimiliki.

Terkait hal tersebut, kini cukup beragam cara yang dapat dimanfaatkan untuk mengeluarkan 2.5 persen dari pendapatan kita lho. Bahkan dapat dilakukan hanya melalui telepon genggam yang Kawan miliki. Salah satunya adalah kemudahan yang ditawarkan oleh platform penyedia layanan donasi, Aksiamal. Beragam program telah menanti uluran kasih dari Kawan baik sekalian. Yuk, tunaikan sekarang.

Related Articles

Back to top button