Kesehatan

Disukai Rasulullah, Ini Sederet Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan Tubuh

Makanan memiliki daya tarik tersendiri. Selain memang menjadi kebutuhan pokok dari manusia, nyatanya makanan justru mengambil peran lebih besar dalam menjaga keadaan mental kita tetap stabil. Bagaimana tidak? Kerap kali amarah yang mudah timbul justru karena kebutuhan pokok tubuh seseorang belum terpenuhi, yakni makan. Oleh karena itu, makanan dianggap sebagai pemegang kunci utama dari kestabilan tubuh manusia. Meski pun demikian, tentu saja tidak semua jenis makanan dapat mendalami peran besar tersebut.

Makanan yang terlalu asin, sangat berminyak, penuh dengan berbagai pemanis buatan, hingga mungkin amat pedas sejatinya tidak dapat memberikan dampak signifikan pada kesehatan tubuh kita. Kita perlu memilah jenis-jenis makanan yang baik untuk tubuh. Biasanya jenis makanan tersebut harus diolah dengan cara alami atau tanpa melalui proses pabrik. Labu merupakan salah satu jenis makanan alami yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Bahkan, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam termasuk pribadi yang menyukai jenis makanan ini. Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu ia berkata;

Sesungguhnya Khayyath mengundang Rasulullah ﷺ untuk menyantap makanan yang dibuatnya. Anas berkata; Maka aku pun pergi bersama Rasulullah ﷺ, lalu aku melihat beliau mencari-cari labu dari sekitar piring. Maka sejak hari itu, aku pun mulai menyukai labu.” (HR. Bukhari)

Hadist di atas menjadi salah satu bukti bahwasanya salah satu jenis makanan yang digemari oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam adalah labu. Melansir Alodokter, dalam 250 gram labu kuning terkandung 50 kalori dan berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh yakni, protein, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin C, kalsium, magnesium, kalium, zinc, dan juga zat besi. Tak hanya itu, jenis makanan ini juga mengandung vitamin B, vitamin K, folat, serta beragam antioksidan, seperti antosianin, lutein, kolin, dan juga karoten. Seluruh nutrisi tersebut mampu menawarkan manfaat bagi kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi secara tepat dan rutin.

Salah satu manfaat labu yang baik bagi kesehatan adalah melancarkan pencernaan. Tak hanya itu, kandungan vitamin A, C, dan juga antioksidan beta karoten mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Sementara itu, kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin di dalamnya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Kalium, serat, dan antioksidan dalam labu juga dapat dipercaya untuk menjaga kesehatan jantung. Manfaat baik lainnya dari labu adalah menjaga kesehatan dan fungsi otak, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan kualitas tidur, dan berbagai manfaat lain yang dipastikan baik untuk tubuh kita. Jadi, sudah siap untuk memasukkan labu ke dalam daftar menu harian keluarga?

Related Articles

Back to top button