Kesehatan

Angka Kasus Aktif Perlahan Menurun, Satgas Mulai Tetapkan Target Pengendalian COVID – 19

Pandemi COVID – 19 di Indonesia saat ini telah berlangsung hampir satu tahun lamanya sejak kasus pertama dikonfirmasi pada awal Maret 2020 lalu. Bukan waktu yang sebentar memang. Namun nampaknya Satuan Tugas Penanganan COVID – 19 Indonesia kini telah mampu memasang target terkait pengendalian terhadap angka kasus aktif nasional.

Melansir cnnindonesia.com, Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID – 19 menyatakan bahwa virus corona di Indonesia dapat segera terkendali pada Agustus mendatang. Hal tersebut tentu saja dapat terlaksanan atas dukungan beberapa faktor. Salah satunya adalah tren kasus aktif nasional yang cenderung menurun dalam jangka waktu satu bulan terakhir.

Kasus aktif sendiri merupakan angka dari kasus warga yang terpapar virus corona baik yang masih menjalani perawatan di rumah sakit maupun yang tengah melakukan isolasi mandiri di rumah. Saat ini angka tersebut terus mengalami penurunan dan mampu mencapai 159.012 kasus pada (14/2) lalu. Tak hanya itu, kapasitas tempat tidur ruang isolasi di rumah sakit rujukan juga mengalami pelandaian.

Secara nasional, rata – rata penurunan tersebut dapat mencapai hingga angka 49,92 persen. Hal ini tentu saja akan mendukung target pemerintah dalam mengendalikan pandemi COVID – 19 di Tanah Air. Namun, tetap saja semuanya akan berjalan sesuai rencana apabila faktor terakhir yang satu ini juga dapat dicapai. Tepat sekali, target vaksinasi juga mengambil peran dalam hal ini.

Jika syarat strategi vaksinasi dapat sesuai dengan alur waktu dan juga memenuhi kebutuhan jumlah dosis vaksin maka bukan tidak mungkin bahwa nusantara mampu menepatinya sesuai dengan momen kemerdekaan Republik Indonesia yang akan datang. Hal ini tentu juga didukung oleh kebijakan protokol kesehatan yang tepat dan juga kepatuhan masyarakatnya sendiri.

Related Articles

Back to top button