Kesehatan

Kembung Melanda Tiba – Tiba, Ini 3 Cara Sederhana Mengatasinya

Rasa tak nyaman dan begah pada perut atau yang sering kita sebut dengan kembung mungkin saja terkesan sepele. Namun, pada beberapa kondisi tertentu kembung yang dialami seseorang dapat membuatnya tak bisa melakukan kegiatan. Meski sulit diketahui penyebab pastinya, kembung rata – rata dapat muncul pada pengidap maag, masuk angin, atau kekurangan enzim tertentu.

Oleh karena itu kita perlu mengetahui cara yang tepat dan sederhana dalam menangani kembung jika menyerang secara tiba – tiba. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

Konsumsi air jahe

Bumbu dapur yang satu ini dikenal dapat mengurangi kadar gas dalam perut. Tidak hanya itu, mengonsumsi jahe juga dapat memberikan rasa lega serta kehangatan alami untuk tubuh. Kawan bisa menyeduh potongan jahe dengan air hangat bersama madu ataupun teh favorit.

Mencampur bahan makanan dengan kunyit

Kunyit juga menjadi salah satu bumbu dapur yang memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan pencernaan kita. Fungsi kunyit biasanya dapat menenangkan sistem pencernaan dan bekerja dengan cara mengeluarkan gas pada perut. Konsumsi kunyit dapat dilakukan dengan cara menyampurnya pada bahan makanan ataupun melalui jamu herbal.

Membatasi asupan dengan kandungan gas berlebih

Setelah mencoba mengonsumsi jahe dan kunyit, Kawan juga bisa menghindari beberapa jenis makanan yang mudah meningkatkan kadar gas dalam perut. Beberapa contoh makanan tersebut adalah kubis, kacang – kacangan, dan juga minuman bersoda.

Related Articles

Back to top button