Kesehatan

Mengenal Talbinah, Menu Kaya Nutrisi yang Ampuh Perbaiki Suasana Hati

Makanan menjadi salah satu dari sekian banyak kebutuhan pokok manusia. Menyantap makanan berfungsi untuk menambah energi sehingga tubuh kita dapat kembali aktif melakukan kegiatan sehari-hari. Meski pun demikian, sejatinya makanan terkini juga menjadi cara yang dinilai paling ampuh untuk mengembalikan kondisi mental dan pikiran yang telah lelah bekerja. Dengan menyantap makanan kesukaan, seseorang tak hanya sedang mengumpulkan energi saja tapi juga memperbaiki perasaan yang mungkin sempat gusar.

Tak terkecuali Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam, beliau pun juga diketahui memiliki jenis atau menu makanan kegemarannya. Di antara banyak menu makanan yang disukai Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam, talbinah adalah salah satunya. Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha ia berkata, “Sesungguhnya saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

Sesungguhnya talbinah (adonan yang terbuat dari gandum dan buah kurma) itu dapat menyembuhkan hati yang sakit dan menghilangkan kesedihan.” (HR. Bukhari)

Hadist di atas menjadi salah satu bukti nyata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga memiliki menu yang digemarinya. Orang-orang yang hidup di zaman beliau termasuk juga sang istri, Aisyah menyebut bahwa jenis dari menu makanan yang digemari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah talbinah. Talbinah sendiri adalah makanan yang terbuat dari campuran adonan gandum dan kurma. Seperti yang kita pahami bahwa gandum dan kurma keduanya merupakan jenis bahan makanan kaya akan berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh kita.

Secara umum, gandum dan kurma sama-sama mengandung berbagai jenis vitamin, serat, kalium, dan juga antioksidan. Seluruh nutrisi tersebut diyakini memiliki manfaat yang baik bagi tubuh untuk dapat bekerja mengontrol tekanan darah, menjaga kesehatan sistem pencernaan, serta mengurangi risiko penyakit kanker. Tak hanya itu, perpaduan rasa yang nikmat dan sedikit manis dari gandum dan kurma juga diyakini mampu mendatangkan rasa bahagia bagi yang mengonsumsinya. Sehingga dengan demikian, perasaan-perasaan hati yang sedih dan terluka dapat terobati setelah kita merasa nyaman mengonsumsi talbinah.

Related Articles

Back to top button