Kesehatan

Dampak Baik Menjaga Kebersihan Pakaian

Menjadi pribadi yang sehat dan prima tentu dibutuhkan upaya yang tidak mudah. Pasalnya, selain rutin menjaga kesehatan kita juga perlu menjauhkan diri dari segala hal yang mungkin menjadi sumber utama datangnya penyakit. Pakaian merupakan salah satu sarana yang bisa memperbesar peluang bersarangnya kuman dan bakteri. Maka dari itu, kebersihan dari helaian pakaian yang kita kenakan harus benar-benar terjaga.

Hal ini sejatinya juga menjadi salah satu perkara yang langsung diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebagaimana dalam al-Qur’an, Allah berfirman,

….dan bersihkanlah pakaianmu,” (QS. al-Muddassir: 4)

Ayat di atas menjelaskan tentang perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam untuk senantiasa memperhatikan kebersihan pakaian yang dikenakannya. Pakaian sendiri sejatinya merupakan cerminan dari diri seseorang. Adalah suatu kewajiban bagi umat Muslim untuk memperhatikan hal ini. Bukan tanpa alasan, pasalnya pakaian yang kotor dan dipenuhi dengan najis tidaklah dapat digunakan untuk melakukan ibadah. Hal inilah yang pada akhirnya menjadi sumber utama datang dan berkumpulnya dosa.

Dengan senantiasa membersihkan pakaian memiliki makna bahwa kita juga berupaya untuk menjauhi dosa. Tidak hanya itu, pakaian yang bersih juga dapat mendukung seseorang terjauhi dari watak dan sifat-sifat buruk. Bukan tanpa alasan, pasalnya kita telah berusaha untuk menjalankan perintah Allah dalam memelihara kesucian. Tentu saja, Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menjaga kehormatan pribadi kita dari segala perangai yang tercela.

Related Articles

Back to top button