Sedekah

Pelajaran Baik dari Sedekah: Mengajarkan Kesabaran

Ada banyak hal baik yang bisa kita manfaatkan untuk mendapat pelajaran berharga di dalamnya. Salah satu yang cukup mudah untuk dilakukan adalah sedekah. Bukan tanpa sebab, pasalnya perbuatan ini tak melulu membutuhkan materi untuk diberi. Segala hal yang dilakukan dengan niat semata – mata karena Allah Subhanahu wa Ta’ala juga termasuk dalam perbuatan sedekah.

Maka dari itu, tak mengherankan rasanya jika kita sering melihat orang yang senang bersedekah terlatih untuk memiliki hati yang sabar. Ini sejatinya merupakan salah satu hal yang bisa kita pelajari dari perbuatan sedekah. Sebagaimana dalam Al – Qur’an, Allah berfirman:

“Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridaan Tuhannya, mendirikan salat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik).” (QS. Ar-Ra’d [13]: 22)

Ayat di atas menjelaskan tentang salah satu keistimewaan dari sedekah. Tepat sekali, perbuatan amal ini nyatanya mampu memberikan pelajaran berharga bagi hidup kita yakni senantiasa untuk bersabar dalam segala hal. Tidak hanya itu, hendaknya sebagai umat Muslim kita juga patut menerapkan metode kesabaran yang tepat. Ya, hal tersebut adalah keadaan dimana kita melakukannya semata – mata hanya untuk mengharapkan ridho Allah saja.

Inilah sebetulnya yang merupakan sifat sejati dari seorang Muslim. Kesabaran hendaknya menjadi karakter utama dari orang yang berakal dan beriman. Maka dari itu, betapa beruntungnya orang yang menjadikan sedekah sebagai rutinitas dalam hidupnya. Tentu, akan ada banyak dampak baik yang berdatangan dalam bentuk rejeki dan keberkahan hidup di dunia. Itulah sekiranya balasan bagi mereka yang gemar memanfaatkan sedekah sebagai ajang untuk belajar.

Related Articles

Back to top button