Sedekah

Kawan Berselisih Paham? Yuk Damaikan Mereka dan Dapatkan Pahala Sedekahnya

Hidup berdampingan dengan orang lain tentu membutuhkan kemampuan tersendiri dalam menerapkan sikap tenggang – rasa yang baik. Pasalnya, hal inilah yang kelak akan menentukan hubungan kita ke depannya dengan sesama. Namun, nyatanya ini tidaklah semudah yang kita kira. Beragam hal bisa menjadi latar belakang mengapa perselisihan tetap saja bisa muncul.

Sebagai Muslim yang baik, sudah sepatutnya kita untuk dapat menghindari timbulnya perselisihan. Namun, jika ada di antara kerabat kita yang tengah bersitegang adalah juga merupakan kewajiban bagi kita untuk bisa mendamaikan mereka. Bagaimana tidak? Hal ini nyatanya sangatlah dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Dalam sebuah hadist Beliau pernah bersabda,

Setiap anggota badan manusia diwajibkan bersedekah setiap harinya selama matahari masih terbit; kamu mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah; kamu menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang bawaannya ke atas kendaraannya adalah sedekah; setiap langkah kakimu menuju tempat sholat juga dihitung sedekah; dan menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah.” (HR Bukhari dan Muslim)

Ya, tepat sekali. Mendamaikan orang yang berselisih paham adalah salah satu perilaku baik yang tergolong ke dalam perbuatan sedekah. Ketika dua orang yang bersitegang mampu dilunakkan hatinya dan kembali saling memahami satu sama lain, maka kita berpeluang untuk bisa mendapatkan pahala tersebut. Hal ini bukanlah tanpa alasan.

Pasalnya Allah SWT menyukai hamba – Nya yang saling tolong menolong dan memelihara hubungan tali silaturahmi. Upaya kita dalam mendamaikan kedua belah pihak yang berselisih paham sama hal – nya dengan berupaya memelihara kekokohan antar umat Islam. Maka tak heran rasanya jika hal yang mungkin kecil menurut orang lain ini justru bernilai pahala sedekah di mata Allah SWT.

Related Articles

Back to top button