Sedekah

Menerima Pemberian Orang Lain Adab Utama dalam Menjaga Silaturahmi

Salah satu tujuan dari niat seseorang dalam bersedekah adalah agar memeroleh pahala. Oleh karena itu, diperlukan berbagai aturan pelaksanaan sedekah agar tujuan tersebut dapat tercapai. Salah satunya adalah bersedekah untuk mendapatkan ridha Allah Subhanahu wa Ta’ala. Namun, menerima sedekah pun sejatinya juga menjadi perkara yang cukup diperhatikan. Bukan tanpa alasan, pasalnya umat Islam dilarang untuk meremehkan atau bahkan menolak pemberian dari orang lain.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

Wahai kaum muslimah, janganlah sekali-kali seorang wanita meremehkan pemberian tetangganya walaupun hanya ujung kaki kambing.” (HR. Bukhari no. 5558)

Hadist di atas menjelaskan tentang salah satu hal yang sangat dilarang oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tepat sekali, beliau melarang umat Islam untuk menolak pemberian dari orang lain. Bukan tanpa alasan, pasalnya perkara ini termasuk dalam etika menjaga tali silaturahmi dengan sesama. Ya, menolak pemberian orang lain hanya akan memunculkan rasa sakit hati dari orang yang memberinya. Penolakan sendiri dianggap sebagai bentuk tidak menghargai.

Hal ini tentu saja dianggap sebagai cara paling mudah untuk menimbulkan permusuhan antar sesama. Tentu, dampak tersebut adalah hal yang paling dihindari dalam ajaran agama Islam. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk dapat saling memberi hadiah antara satu dengan yang lainnya agar dapat memunculkan rasa kasih dan sayang. Hal ini memiliki makna bahwa menerima pemberian pun merupakan perkara wajib yang harus kita lakukan sebagai upaya dari memelihara hubungan silaturahmi.

Related Articles

Back to top button