Sedekah

Pelajaran Baik dari Sedekah: Lebih Peduli pada Sekitar

Sedekah memang sejatinya salah satu hal yang pelaksanaannya sangat dianjurkan. Mengamalkan perbuatan ini termasuk juga dalam upaya meneladani sifat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di antara banyak hal baik yang bisa kita dapatkan dari perbuatan tersebut, nyatanya sedekah mampu mengajari kita untuk bisa lebih peduli pada sesama. Sebagaimana dalam Al – Qur’an, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

“(Berinfaklah) kepada orang-orang fakir yang terikat (oleh jihad) di jalan Allah; mereka tidak dapat (berusaha) di muka bumi; orang yang tidak tahu menyangka mereka orang kaya karena memelihara diri dari minta-minta. Kamu kenal mereka dengan melihat sifat-sifatnya, mereka tidak meminta kepada orang secara mendesak. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah [2]: 273)

Ayat di atas menjelaskan tentang perintah Allah Ta’ala pada hamba- Nya untuk senantiasa peduli pada sesama. Hal ini semakin wajib kita lakukan terutama pada kaum dhuafa yang berjihad di jalan Allah dan selalu menjaga kehormatan dirinya. Menjaga kehormatan memiliki maksud sebagai tidak merendahkan dirinya dengan cara meminta – minta pada orang lain sementara ia tahu benar bahwa dirinya hidup dalam keterbatasan.

Orang dengan kondisi seperti inilah yang sejatinya patut mendapat kepedulian kita. Bahkan Allah Ta’ala memerintahkan kita untuk turun tangan secara langsung menginfakkan sebagian harta pada mereka. Berapa pun harta yang kita keluarkan untuk dinafkahkan di jalan Allah, pasti akan mendapat ganti berlipat – ganda. Allah Subhanahu wa Ta’ala Maha Mengetahui apa pun yang kita perbuat. Dan Dia-lah satu – satunya Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Related Articles

Back to top button