Sedekah

Ini Dia Takaran Sedekah yang Tepat

Allah SWT sejatinya telah mengatur segala hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Bahkan aturan terkait perbuatan baik sedekah diciptakan sedemikian rupa untuk tidak sama sekali memberatkan hamba-Nya. Ya, Allah SWT memerintahkan manusia untuk senantiasa bersedekah saat semua kebutuhan telah cukup terpenuhi.

Bahkan sedekah yang diberikan juga dianjurkan untuk sesuai dengan kemampuan seseorang, tidak terlalu berlebih namun tidak pula terlalu kikir. Terkait hal ini Allah SWT berfirman,

“Dan orang-orang yang apabila menginfakkan (hartanya) mereka tidak berlebih- lebihan dan tidak pula terlalu kikir, dan infak itu di pertengahan di antara yang demikian”. [QS. Al – Furqan (25): 27]

Ya, sedekah ataupun infak terbaik adalah yang ukurannya tepat sesuai kemampuan seseorang. Allah SWT melarang hamba-Nya untuk memaksakan berinfak sementara masih ada tanggung jawab terhadap keluarga yang belum ditunaikan. Sedekah yang seperti ini sejatinya sangatlah tidak dianjurkan. Bahkan sedekah terbaik juga merupakan hal yang diberikan pada kerabat terdekat, termasuk keluarga.

Hal ini tidak hanya akan dianggap sebagai amalan sedekah saja tapi juga langkah atau upaya dalam menjaga hubungan tali silaturahmi. Seseorang yang gemar bersedekah kepada kerabatnya bahkan memiliki keutamaan dibanding bersedekah pada fakir miskin. Bukan tanpa alasan, di dalamnya kelak diharapkan dapat tercipta persatuan dan kesatuan yang kokoh antar sesama umat Muslim.

Related Articles

Back to top button