Kesehatan

Kebiasaan Sepele Yang Mempermudah Kemungkinan Penularan Penyakit

Bersusah payah menjaga pola hidup sehat tapi kok masih saja gampang terserang penyakit? Diet makanan seimbang, rutin olahraga, hingga gemar bermeditasi apa benar menjamin kita terhindar dari infeksi? Nah Kawan, semua usaha tersebut mungkin saja bisa membuahkan hasil. Sayangnya, banyak dari kita yang tidak sadar ternyata masih memelihara kebiasaan sepele pengundang penyakit.

Benar apa tidak? Kira – kira hal sepele apa sih yang kerap kali jadi kebiasaan diri tanpa disadari? Yuk ah, coba cek dulu siapa tahu di bawah ini masih jadi kebiasaan buruk yang kamu pelihara:

Tidak cuci tangan

Cuci tangan merupakan kewajiban utama dalam protokol kesehatan terkini. Mencuci tangan sebelum melakukan kegiatan meminimalisir kemungkinan kuman menembus level awal pertahanan tubuh kita. Sayangnya, masih banyak yang mengesampingkan kebiasaan baik ini. Oleh karena itu tidak heran  rasanya jika kuman mudah menularkan infeksi pada mereka yang tak mengindahkan pesan ini.  

‘Belum 5 menit’

Siapa nih yang masih akrab dengan frasa ‘belum 5 menit’? Betul sekali, ungkapan ini sering sekali digunakan merujuk pada potongan makanan yang terlanjur jatuh. Mengira belum terkontaminasi kuman, makanan tersebut malah tetap disantap nikmat. Nah, kebiasaan buruk ini seharusnya tidak dilakukan mengingat kuman berukuran kecil dan bisa saja menempel meski tak terlihat.

Wadah makan dan minum bersamaan

Gerbang utama pertahanan tubuh manusia adalah lubang hidung, mata, mulut, dan juga kulit. Oleh karena itu menjaga kebersihan di area tersebut sangat dianjurkan termasuk juga menghindari pemakaian wadah minum atau makan secara bersamaan. Bukan tanpa sebab, kita tidak pernah tahu kondisi kesehatan seseorang yang terlihat tanpa gejala penyakit tertentu.

Jika kita menggunakan wadah yang sama dengan orang lain, tidak menutup kemungkinan bisa tertular penyakit lho. Pasalnya, bakteri atau virus tidaklah terlihat tetapi tetap bisa menempel di benda – benda selama beberapa waktu. Oleh karena itu, menghindari pemakaian wadah bersamaan harus dilakukan ya Kawan meskipun dengan anggota keluarga sendiri.

Wah, mengerikan juga yah Kawan? Gimana? Masih betah memelihara kebiasaan buruk di atas? Duh jangan lagi deh. Untuk saat ini hindari dulu kontak langsung dengan sesama guna menurunkan kadar kebiasaan buruk di atas tetap terlaksana. Dengan begitu, kita bisa secara perlahan memperkecil resiko penularan infeksi ,terutama COVID  – 19.

Related Articles

Back to top button