Kesehatan

Habbatus Sawda’ Penyembuh Segala Penyakit Berbasis Herba

Penyakit kronis sering kali membutuhkan penanganan khusus yang banyak memakan biaya untuk menyembuhkannya. Tidak jarang, kondisi ini membuat banyak orang menyerah begitu saja dalam mencari jalan kesembuhan. Pada kenyataannya, Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kita untuk dapat berusaha sekuat tenaga dalam hal ini. Terkait penyakit yang sudah tidak mampu lagi ditangani secara medis atau membutuhkan banyak biaya dalam pengobatannya, Allah pun memberikan jalan kemudahan.

Hal ini sebagaimana diketahui dalam suatu hadist bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda yang berbunyi sebagai berikut,

Sesungguhnya di dalam habbatus sawda’ (jintan hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit kecuali kematian”. (HR. Bukhari No. 5687)

Hadist di atas menjelaskan tentang salah satu cara yang bisa kita lakukan dalam menempuh jalan kesembuhan. Rasulullah berpesan pada umatnya bahwa hal tersebut bisa kita temui dengan pengobatan melalui habbatus sawda’. Habbatus sawda’ yang juga dikenal dengan sebutan jintan hitam ini diyakini memiliki fungsi sebagai penyembuh dari segala macam penyakit kecuali ajal.

Habbatus sawda’ sendiri sejatinya memiliki nutrisi penting bagi tubuh kita. Beberapa di antaranya adalah karbohidrat, protein, asam oleat, asam linoleat, kalsium, serat, zat besi, natrium, kalium, dan juga antioksidan. Kekayaan nutrisi tersebut membuat jintan hitam dipercaya dapat berfungsi sebagai antibakteri, diuretik, antiperadangan, analgesik, menjaga kesehatan organ ginjal, lambung, hati, hingga mempertahankan daya tahan tubuh.

Seluruh fungsi tersebut dapat bekerja pada tubuh kita dikarenakan habbatus sawda’ juga mengandung thymoquinone (TQ). Memanfaatkan jintan hitam sebagai metode penyembuhan berbasis herba diyakini dapat mengobati beberapa penyakit seperti darah tinggi, kolesterol tinggi, infeksi, menjaga kadar gula darah, melindungi hati, serta mencegah kanker. Maka dari itu, tidak ada salahnya bukan mencoba anjuran Rasulullah yang satu ini?

Related Articles

Back to top button