Kesehatan

Kebersihan Organ Mulut Terjaga, Penularan COVID-19 Dapat Dicegah

Mudahnya penyakit menulari satu orang ke orang lain membuat kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan semakin meningkat. Hadirnya COVID-19 juga menjadi alasan mengapa kini semakin banyak yang gencar mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Beragam hal dilakukan mulai dari menjaga asupan hingga merutinkan aktifitas. Sayangnya, tak banyak yang tahu bahwa kuman, bakteri, hingga virus lebih banyak masuk melewati sistem pertahanan tubuh pertama yakni hidung dan mulut.

Pemanfaatan masker mungkin saja mampu menjadi perlindungan utama bagi hidung. Namun, bagaimana dengan mulut? Kerap dimanfaatkan untuk mengunyah makanan apakah membuat organ yang satu ini tak begitu penting diperhatikan? Kenyataannya, mulut merupakan salah satu organ utama yang justru harus kita jaga kesehatannya. Hal ini pulalah yang menjadi salah satu perkara yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam.

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu ia berkata, bahwasanya Rasulullah bersabda,

“Aku perbanyak (anjuran) untuk kalian tentang bersiwak’.” (HR Bukhari Nomor 888)

dan dari Aisyah radhiyallahu ‘anha ia berkata, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda,

“Siwak itu pembersih mulut dan (penyebab) keridaan Rabb’.” (HR An-Nasai Nomor 5 dan Ahmad, 6:124)

Kedua hadist di atas menjelaskan tentang anjuran Rasulullah pada umatnya untuk bersiwak sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan mulut. Siwak sendiri sejatinya merupakan jenis kayu-kayuan yang sudah sangat terkenal dengan manfaatnya yakni memiliki kandungan asam anti-bakteri seperti astringents dan deterjen. Fungsinya adalah membunuh bakteri sekaligus mencegah infeksi. Tidak hanya itu, siwak juga diketahui mampu menghambat pembentukan plak pada gigi.

Dengan secara rutin memanfaatkan bahan alami ini, kesehatan organ mulut kita diharapkan dapat terus terjaga. Bahkan, bukan tidak mungkin jika kuman dan bakteri terutama virus tidak dapat bertahan lebih lama untuk hinggap di rongga mulut dan menyebabkan penularan penyakit. Ini berarti, penyebaran virus corona pun berpeluang untuk bisa dihentikan melalui upaya pribadi yakni membersihkan mulut secara rutin dengan memanfaatkan siwak atau pun pasta gigi dengan kandungan yang sama.

Related Articles

Back to top button