Kesehatan

Apakah Sarung Tangan Efketif Cegah Penularan COVID – 19?

Setelah pemakaian masker yang digadang – gadang mampu mencegah penyebaran virus corona, kini sarung tangan menjadi alat pelindung lainnya yang dipercaya mampu melakukan fungsi yang sama. Tidak jarang kita juga menemukan banyak orang yang mengenakan sarung tangan dalam berkegiatan harian. Ada yang berbelanja ke supermarket, melayani fasilitas umum, dan melakukan peran lainnya.

Namun, yang jadi pertanyaan apakah penggunaan sarung tangan benar – benar seefektif itu mencegah penularan COVID – 19? Nyatanya semua tergantung pada kedisiplinan diri sendiri. Penggunaan alat pelindung diri ini bahkan tidak memiliki fungsi apapun jika pemakaiannya sembarangan dan tidak mengindahkan protokol kesehatan.

Bukan tanpa alasan, terkadang seseorang lupa jika ternyata kuman atau bakteri tetap bisa menempel di sarung tangan. Sementara saat melepaskan alat pelindung tersebut, kita menyentuh permukaannya. Alhasil kuman dan bakteri justru jadi menempel kemana – mana. Mengingat hal ini, mungkinkah kita berpikir dua kali untuk memanfaatkan alat pelindung diri ini?

Semua kembali kepada diri kita maisng – masing. Jika memilih untuk menggunakannya, tentu perlu diperhatikan cara tepat melepaskan sarung tangan agar tidak menyebarkan kuman tambahan. Namun, jika kita memilih untuk tidak mengenakannya, tentu tetap harus menjaga kesehatan dengan rutin cuci tangan. Semua tergantung pada Kawan perihal mana yang lebih menyamankan.

Related Articles

Back to top button