Ketahui, Ini Alasan Pentingnya Menjaga Kebutuhan Serat Harian

Kesehatan

Ketahui, Ini Alasan Pentingnya Menjaga Kebutuhan Serat Harian

Sistem kekebalan tubuh memiliki pengaruh yang besar dalam menunjang kesehatan manusia. Sejatinya banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan imunitas harian. Sayangnya, tidak semua orang menaruh kepedulian yang sama terhadap hal ini. Pola makan yang buruk kerap kali menjadi sebab mengapa sistem kekebalan tubuh kita sering kali tidak terjaga dengan baik.

Salah satu hal yang termasuk ke dalam kategori pola makan buruk adalah kurangnya kebutuhan serat harian. Serat adalah jenis karbohidrat kompleks yang merupakan nutrisi penting bagi tubuh. Kekurangan zat ini dapat menimbulkan masalah pada pencernaan.  Bagaimana tidak? Sejatinya terdapat hampir 70% sel yang membentuk sistem kekebalan tubuh berada di saluran pencernaan.

Oleh karena itu, tidak jarang kondisi tubuh yang kekurangan serat akan mudah sekali terjangkit berbagai penyakit. Sembelit, gula darah yang tidak stabil, berat badan yang cepat naik, peningkatan kadar kolesterol, mudah lelah, komplikasi pada diabetes, hingga gangguan jantung merupakan beberapa penyakit yang mungkin menyerang tubuh akibat kebutuhan serat yang tidak tercukupi.

Demi mencegah terjadinya kemungkinan buruk tersebut, penting bagi kita untuk dapat mencukupi kadar serat yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Pada pria dewasa, kadar serat yang harus dipenuhi adalah sekitar 30 – 38 gram sehari. Sementara untuk wanita dibutuhkan setidaknya 25 gram serat agar kebutuhannya tercukupi dengan baik.

Serat sendiri bisa didapat dengan mudah. Beberapa jenis makanan tinggi serat terdapat pada kacang – kacangan, tepung gandum utuh, sayuran berdaun hijau, wortel, labu, kentang, dan juga jagung. Sementara pada jenis buah – buahan, kadar serat tertinggi bisa didapat dengan mengonsumsi pir, stroberi, mangga, jeruk, kedondong, pisang, dan juga apel.

Back To Top