Pendidikan

3 Adab Makan Dasar Anjuran Rasulullah yang Harus Diajarkan pada Anak

Makan menjadi salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan. Pasalnya, melalui makan kita dapat menghilangkan rasa lapar atau bahkan memperbaiki mood saat tengah dilanda kegelisahan. Meski pun begitu bukan berarti kita dapat makan seenaknya saja. Ada banyak hal yang harus diperhatikan terutama bagi anak – anak yang mulai mengenal kegiatan ini. Seorang anak sangat perlu diperkenalkan pada adab makan sedini mungkin.

Sesuai anjuran Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, terdapat tiga hal yang orang tua perlu ajarkan terkait adab makan yang baik pada anak – anak. Sebagaimana dalam suatu hadist, beliau pernah bersabda:

“Wahai bocah, bacalah bismillah, makanlah dengan tangan kanan dan ambillah makanan yang terdekat darimu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadist di atas menjelaskan bahwasanya anak – anak perlu mengenal adab – adab dasar saat makan. Adab yang pertama adalah terlebih dahulu membaca bismillah. Dengan membaca bismillah berarti kita menyertakan Allah SWT pada kegiatan makan ini. Selain sebagai bentuk syukur atas rejeki yang diterima, adab ini juga diharapkan mampu mendatangkan keberkahan dari Allah SWT.

Selanjutnya, makan dengan tangan kanan juga merupakan adab yang harus diperhatikan. Tangan kanan digunakan untuk perkara yang baik. Banyak yang beranggapan bahwa tangan kanan juga merupakan sumber kehidupan manusia. Oleh karena itu, hendaknya anak – anak mampu memahami hal ini sedini mungkin. Jelaskan pada mereka mengapa kita sangat perlu mengikuti adab ini.

Adab yang terakhir, mulailah mengambil makanan dari yang terdekat. Mungkin yang satu ini terdengar cukup sukar bukan? Namun ketahuilah bahwa ini juga termasuk adab makan. Bukan tanpa alasan, pasalnya mengambil makanan pada posisi yang jauh dengan cara menyerobot atau bahkan sampai berdiri adalah cerminan sebuah ketamakan. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat tidak menganjurkan hal ini.

Related Articles

Back to top button