Pendidikan

Menanamkan Konsep Hablumminallah pada Anak, Ini Cara Mudahnya

Dalam ajaran agama Islam, Allah SWT adalah satu – satunya Tuhan yang patut disembah. Allah Ta’ala adalah Pencipta sekaligus Pemilik semesta, termasuk diri kita. Namun, memberikan pengertian kepada anak tentang keberadaan Allah SWT tidaklah mudah. Hal ini kerap kali menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua millenials dalam upaya menghadirkan Allah dalam hati anak – anak mereka.

Meskipun terdengar sulit, menanamkan keimanan anak pada Allah SWT sedini mungkin sangatlah penting. Hal ini diupayakan agar kelak buah hati tak salah langkah dalam menghadapi tantangan duniawi. Yang saat ini bisa kita lakukan adalah secara perlahan menanamkan kepercayaan tersebut pada anak berlandaskan alasan krusial namun tetap terasa sederhana.

Ceritakan terlebih dahulu pada anak bahwa Allah SWT satu – satunya Sang Pencipta. Ia – lah yang mengadakan bumi dan langit, termasuk isinya. Atas ijin Allah-lah seluruh kehidupan di muka bumi ini dapat berjalan sempurna. Oleh karena itu penting bagi kita untuk dapat tunduk, patuh, serta taat pada setiap perintah – Nya.

Jika anak mengetahui kewajiban tersebut dengan alasan yang tepat, maka mereka tak akan memandang Allah sebagai pemantau kehidupan belaka. Kehadiran Allah SWT akan membuat hidup mereka berjalan lebih lancar dan bahagia. Bahkan jika mereka mendapat masalah, sedini mungkin buah hati Kawan akan mulai terbiasa memasrahkannya hanya pada Allah saja.

Kelak saat usia anak telah mencapai balita, Kawan dapat juga melengkapi upaya ini dengan menanamkan betapa pentingnya bersyukur pada Allah SWT. Itulah sebabnya mengapa kita wajib menunaikan sholat lima waktu. Tidak lain dan tidak bukan hanyalah sebuah upaya menyampaikan rasa terima kasih atas segala nikmat, keselamatan, dan keberkahan yang Allah SWT berikan.

Related Articles

Back to top button