Pendidikan

Lakukan Ini Jika Buah Hati Enggan Rutin Menyikat Gigi

Memiliki buah hati yang masih dalam tahap tumbuh kembang memang merupakan ‘pekerjaan rumah’ yang luar biasa. Bagaimana tidak? Rasa keingintahuan yang masih cukup tinggi terhadap dunia membuat anak-anak sering kali mempertanyakan serangkaian aturan yang terdapat dalam rumah. Tentu, setiap rumah memiliki peraturan yang berbeda. Bahkan orang tua berharap bahwa buah hati mereka mampu memahami sekaligus menaati aturan yang ada.

Sayangnya, hal tersebut tak semudah yang dipikirkan. Beberapa anak menuntut kebebasan atas segala hal yang mereka lakukan meski pun sekedar perkara rutinitas menyikat gigi belaka. Meski pun begitu, orang tua jangan sampai menyerah untuk dapat tetap mempertahankan aturan yang ada. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan pengertian pada buah hati bahwa aturan yang berlaku dalam rumah ini adalah bagian dari kebiasaan yang dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Tak terkecuali menyikat gigi, hal tersebut adalah kebiasaan yang telah menjadi rutinitas beliau. Sebagaimana diketahui dalam suatu hadist bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

Siwak itu pembersih mulut dan merupakan penyebab keridhaan dari Allah.” (HR. Nasa’i)

Hadist di atas menjelaskan tentang salah satu hal yang sering dianjurkan oleh Rasulullah terkait keutamaan menjaga kebersihan diri. Bersiwak atau yang juga kita kenal dengan menyikat gigi termasuk dalam bagian tersebut. Kebiasaan bersiwak nyatanya bukanlah sekedar aktifitas membersihkan mulut saja tapi juga penyebab datangnya ridha dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Hal ini tentu saja berkaitan dengan kecintaan Allah pada kebersihan dan keindahan. Maka dari itu, sebagai hamba-Nya kita wajib melakukan setiap hal yang Allah senangi.

Kepada anak-anak, mungkin mereka bertanya-tanya mengapa kita dianjurkan rutin menyikat gigi. Terkait hal ini, orang tua dapat memanfaatkan makna dari hadist di atas guna memberikan pemahaman terbaik tentang pentingnya aktifitas ini. Jelaskan pada buah hati bahwa kebiasaan menyikat gigi adalah hal yang dilakukan oleh orang-orang beriman. Bukan tanpa alasan, pasalnya kebersihan adalah setengah keimanan. Oleh karena itu, kita wajib menjaga kebersihan diri agar Allah Ta’ala dapat menurunkan ridha-Nya pada kita semua.

Related Articles

Back to top button