Pendidikan

Tunggu Aturan Kelonggaran, DKI Jakarta Rencana Kembali Terapkan PTM 100 Persen

Maraknya kasus penularan virus corona varian Omicron sempat membuat mobilitas masyarakat Indonesia terbatas. Salah satu sektor yang juga terdampak oleh kondisi ini adalah pendidikan. Setelah sempat menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara 50 persen, akhirnya wacana yang sama juga diprediksi kembali dapat segera dilakukan di DKI Jakarta dengan siswa 100 persen dari total kapasitas kelas.

Hal ini seperti dilansir melalui kompas.com, sejatinya telah mulai dipertimbangkan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta. Ahmad Riza Patria selaku Wakil Gubernur DKI Jakarta menyatakan bahwa ada kemungkinan terjadinya peluang PTM 100 persen kembali dilaksanakan di ibu kota. Hal tersebut tentu saja harus terlebih dahulu menunggu keputusan terkait aturan pelonggaran dari pemerintah pusat

Ia menambahkan bahwa kemungkinan tersebut bisa saja terjadi dalam waktu dekat. Hal ini mengingat transportasi umum juga sudah mulai menyanggupi kapasitas 100 persen. Untuk sementara waktu, Ahmad mengaku bahwa pihaknya masih terus berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) terkait pelaksanaan PTM 100 persen.

Di sisi lain, PTM 50 persen yang tengah berjalan di DKI Jakarta sendiri diakuinya terlaksana dengan baik dan lancar. Ahmad menyatakan bahwa sejauh ini tidak ditemukan kasus penularan virus corona yang signifikan pada klaster sekolah. Hal tersebut tentu saja mendukung kemungkinan pelaksanaan PTM 100 persen kembali terselenggara. Terkini, pihaknya bersama pemerintah daerah setempat tetap berupaya agar PTM 50 persen terus terkendali dengan baik.

Related Articles

Back to top button