Pendidikan

Tak Sekedar Perhiasan Dunia, Ini Fungsi Anak bagi Orang Tua

Kecintaan kita terhadap dunia memang terbilang besar. Begitu besarnya hingga kadang kala dapat membuat kita lupa tujuan sebenarnya dari kehidupan di dunia. Harta dan anak keturunan merupakan contoh dari kecintaan yang sering kali berlebihan tersebut. Namun, ketahuilah bahwasanya ada hal yang lebih baik untuk menarik perhatian kita.

Bukan tanpa alasan, pasalnya harta dan anak keturunan semata – mata hanya perhiasan dunia jika kita tidak dapat mengaturnya dengan tepat. Sebagaimana dalam Al – Qur’an, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

“Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amal kebajikan yang terus-menerus adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.” (QS. Al – Kahf: 46)

Ayat di atas menjelaskan tentang peringatan Allah Subhanahu wa Ta’ala pada hamba- Nya untuk tidak menaruh kecintaan berlebih pada harta dan anak keturunan. Harta memang kita butuhkan sebagai sarana untuk menyambung hidup. Tidak hanya itu, harta juga bisa kita manfaatkan untuk saling berbagi dengan sesama. Namun, jika kita salah dalam menggunakan harta terutama ketika membuat kita terjerumus dalam hal – hal maksiat tentu hal tersebut tak ada lagi gunanya.

Sementara anak sejatinya merupakan titipan. Mereka adalah amanah yang kelak akan Allah minta pertanggung-jawabannya. Maka dari itu, hendaknya kita tidak terlalu cinta terhadap anak hingga membuat mereka bebas memilih sendiri kehidupan yang biasanya justru jauh dari jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Penting sekali bagi kita untuk dapat menanamkan ketauhidan dalam diri anak agar kelak mereka dapat memberikan sekaligus menjadi syafaat untuk orang tuanya di akhirat.

Mengingat bahwa kedua hal tadi sejatinya merupakan perhiasan dunia belaka, maka Allah memerintahkan hamba- Nya untuk menaruh perhatian lebih pada amal kebajikan. Sejatinya, hal tersebutlah yang mampu membuahkan pahala terbaik dari sekedar pemerolehan harta dan anak keturunan. Bukan tanpa alasan, pasalnya perbuatan baik yang kita lakukan di dunia kelak dapat menjadi harapan pasti untuk memperberat timbangan amal saleh di akhirat kelak.

Related Articles

Back to top button