Ramadan

Tadarus Qur’an di Bulan Ramadhan Hadirkan Kebaikan Berlipat Ganda

Selain berpuasa, Ramadhan menjadi penyebab bagi amalan lain yang mampu mendatangkan pahala berlipat ganda. Bagaimana tidak? Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan beragam keutamaan pada bulan suci ini ditujukan agar hamba-Nya dapat berlomba mengejar pahala. Mengingat kesempatan emas ini hanya datang satu kali dalam setahun, hendaknya umat Islam harus dapat memanfaatkannya dengan tepat.

Membaca al-Qur’an disinyalir menjadi salah satu amalan sunnah yang menawarkan pahala berlipat ganda. Sesuai dengan hadist dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu yang berkata bahwasanya Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi)

Hadist di atas menjelaskan tentang salah satu keutamaan membaca al-Qur’an. Rasulullah kepada umatnya menyampaikan bahwa amalan tersebut menjanjikan pahala yang berlipat ganda. Ya, bagi mereka yang membaca satu huruf al-Qur’an akan dibalas kebaikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala berjumlah 10 kali lipatnya. Pahala tersebut adalah pahala yang bisa kita dapatkan ketika membaca al-Qur’an dalam situasi dan waktu apa pun.

Namun, bayangkanlah berapa pahala kebaikan yang bisa kita dapatkan apa bila melakukannya di bulan Ramadhan yang penuh keutamaan ini? Tentu saja kebaikan yang kita terima akan kembali berkali-kali lipat banyaknya. Kebaikan tersebut akan dibalas Allah lebih banyak di bulan Ramadhan. Tentu saja, tidak ada siapa pun yang mampu melewatkan kesempatan emas ini. Maka dari itu, mari hamburkan waktu luang kita untuk bertadarus Qur’an agar pahala kebaikan yang kita dapatkan semakin berlimpah setiap harinya.

Related Articles

Back to top button