Sedekah

Pilih Hal yang Paling Disenangi dan Sedekahkanlah

Sedekah merupakan sumber kebaikan. Di dalamnya terdapat banyak manfaat baik apabila ikhlas dilakukan. Sedekah juga merupakan pertanda keimanan seseorang. Amal saleh ini hendaknya dilakukan semata – mata karena Allah SWT saja. Namun, perlu diketahui bahwa terdapat syarat dimana sedekah mampu mencapai kesempurnaannya.

Ya, menyedekahkan harta yang paling dicintai adalah bentuk upaya mencapai tujuan tersebut. Anjuran ini bahkan tertulis dalam Al – Quran Surah Ali Imran ayat 92 yang berbunyi:

“Sekali-kali kamu tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai.” 

Bagi sebagian orang, menyedekahkan harta yang paling dicintai mungkin terasa sangat sulit. Namun percayalah, Allah SWT memandang keikhlasan kita dalam melepas suatu hal yang sangat kita senangi. Disinilah dalam dan beratnya pahala dapat ditimba. Bahkan tidak jarang, keberkahan hidup juga merupakan salah satu tanda diterimanya sedekah kita.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya jika kita tidak lagi ragu dalam memulai dan membiasakan diri melakukan perbuatan baik. Di luar sana, terdapat banyak orang yang menunggu kita mengulurkan tangan membantu ketidakberdayaan mereka. Bersedekahlah sesuai kemampuan karena sedekah juga merupakan terapi kehidupan.

Related Articles

Back to top button