Sedekah

Cara Mudah Pahami Sedekah – Part 1

Sedekah sejatinya merupakan sebuah tindakan atau aksi amal yang dilakukan seseorang dengan tujuan baik. Salah satunya yakni membantu keberlangsungan hidup sekelompok masyarakat dan atau pun orang lain. Kegiatan ini nyatanya memberikan banyak manfaat tidak hanya bagi pihak yang membutuhkan tapi juga bagi mereka yang melakukan sedekah tersebut.

Pahala dan keberkahan hidup yang akan didapat pastinya merupakan beberapa contoh dari manfaat sedekah. Sayangnya, hingga saat ini masih banyak sebagian dari kita yang kurang memahami apa itu sedekah dan bagaimana cara melakukannya. Tidak jarang ada pula yang menganggap bahwa bersedekah ‘melulu’ tentang materi ataupun barang berharga lainnya.

Stop sampai disini. Sedekah tidak sesulit yang kamu kira dan tentunya dapat kamu lakukan dengan beragam aksi amal. Salah satu hal yang dapat kamu manfaatkan untuk bersedekah adalah waktu. Pernahkan kamu mendengar pribahasa ‘time is money’? ya, nyatanya hal tersebut bukan hanya sekedar pribahasa saja lho. Waktu yang kita miliki sesungguhnya terbatas. Batasan tersebut dapat kita rasakan saat kita sibuk, terdesak, ataupun buru-buru.

Dua puluh empat jam dalam sehari rasanya masih kurang bagi mereka yang cenderung hidup produktif. Namun, masih adakah seseorang yang mungkin menyempatkan setengah atau satu jam dari waktu yang dimilikinya untuk membantu orang lain? Inilah yang dinamakan sedekah waktu.

Melakukan aksi amal walaupun hanya dengan mendengarkan keluh kesah orang tua atau sahabatmu mungkin saja dapat meringankan beban mereka. Ditambah jika kamu melakukannya ditengah kesibukan kegiatanmu, percayalah Tuhan akan menghitungnya sebagai pahala meski kamu tidak mengeluarkan sepeser uang pun. Tertarik mencoba?

Related Articles

Back to top button