Kesehatan

Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Salah Satu Bentuk Syukur pada Allah

Hadirnya pandemi sering kali membuat banyak orang berupaya untuk menjaga kesehatan. Sayangnya, langkah tersebut tidak dibarengi dengan upaya menjaga kebersihan diri. Pada kenyataannya, baik kesehatan dan kebersihan keduanya adalah hal utama yang perlu dijaga. Tak hanya untuk mendapatkan tubuh yang prima saja, dua hal tersebut juga langkah untuk mensyukuri nikmat dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Sebagaimana dalam al-Qur’an, Allah berfirman,

“…maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur.” (QS. al-Maidah: 6)

Ayat di atas menjelaskan tentang pentingnya menjaga kebersihan badan. Allah menjelaskan bahwa Dia mempermudah cara bagi hamba-Nya yang berniat untuk dapat selalu dalam keadaan suci. Membersihkan diri sejatinya bisa dilakukan dengan banyak cara. Jika dalam keadaan darurat, kita tidak memeroleh air untuk melakukannya maka Allah Subhanahu wa Ta’ala mempermudah langkah tersebut dengan cara bertayamum.

Pilihan ini sejatinya merupakan cara yang dilakukan Allah untuk membuat hamba-Nya memahami betapa mudahnya aturan Islam. Menjaga kesehatan dan kebersihan dengan tetap berada pada aturan Islam adalah bentuk syukur kita pada nikmat yang Allah Subhanahu wa Ta’ala karuniakan. Maka dari itu, hendaknya kita tidak menyia-nyiakan kesempatan yang Allah berikan untuk bisa tetap hidup dalam kondisi yang paling baik yang bisa kita dapatkan.

Related Articles

Back to top button