Sedekah

Mengenal Sedekah Jariyah dan Keutamaan Bagi Yang Melakukannya

Sedekah jariyah merupakan salah satu amalan yang tidak terputus pahalanya meski orang yang melakukannya telah meninggal dunia. Keutamaan dari amalan ini terlihat melalui manfaat yang secara kontinyu dirasakan oleh pihak yang mendapatkan sedekah tersebut. Oleh karena itu, selama amalan jariyah masih memberikan manfaat selama itu pula orang yang bersedekah akan memeroleh pahala.

Terkait hal ini, dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Muhammad SAW pernah bersabda:

“Jika manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara: (1) sedekah jariyah, (2) ilmu yang diambil manfaatnya, (3) anak shalih yang selalu mendoakan orang tuanya.” (HR. Muslim, no. 1631).

Amalan yang tergolong jariyah pun terbagi ke dalam beberapa hal. Seperti kodratnya, sedekah jariyah adalah yang kebermanfaatannya dapat selalu dirasakan oleh banyak orang. Wakaf pembangunan masjid, wakaf penggalian sumur untuk sumber air, sedekah anak yatim, sedekah untuk keberlangsungan pesantren, dan yang terakhir sedekah untuk kelancaran sarana dakwah dai.

Seluruh contoh amalan diatas merupakan hal yang manfaatnya panjang dan dapat dirasakan oleh banyak orang. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika sedekah jariyah mampu menghasilkan pahala terus menerus bagi orang yang melakukannya. Agar Kawan juga dapat merasakan manfaat kontinyu tersebut, tidak ada salahnya lho mencoba berdonasi pada program yang ada di Aksi Amal.

Terdapat banyak program donasi yang tentu saja manfaatnya dapat diperoleh secara terus menerus seperti Aksi Cinta Yatim Nusantara, Aksi Bantu Guru Ngaji Nusantara, dan juga Aksi Tebar Al – Quran Nusantara. Ketiga program tersebut sudah dapat dipastikan akan mengalirkan pahala secara kontinyu bagi mereka yang berdonasi. Tunggu apa lagi? Klik disini sekarang juga Kawan.

Related Articles

Back to top button