Sedekah

Keutamaan Sedekah di Bulan Haram: Kelonggaran Jalan Menuju Akhirat

Tahun baru Hijriyah 1444 telah dimulai. Beragam doa dan harapan tentu dihaturkan oleh umat Islam pada satu-satunya Allah Subhanahu wa Ta’ala. Merayakan awal tahun baru ini, kita banyak dianjurkan untuk melalukan introspeksi diri. Dengan begitu kita mampu menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya.

Di antara banyak hal baik yang semestinya bisa menjadi kebiasaan baru kita adalah bersedekah. Bukan tanpa sebab, pasalnya amalan sunnah ini apabila dilakukan di bulan suci yang penuh kemuliaan tentu saja mampu mendatangkan banyak keutamaan. Salah satunya adalah kelapangan dan kelonggaran jalan menuju akhirat kelak.

Sebagaimana diketahui dalam suatu hadist bahwasanya Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya.” (HR. Bukhari no. 1443)

Hadist di atas menjelaskan tentang keutamaan bersedekah di bulan haram. Hal ini bisa kita rasakan manfaatnya ketika di akhirat kelak. Tepat sekali, Rasulullah berpesan pada umatnya bahwa siapa saja yang senantiasa gemar merutinkan sedekah di bulan haram akan mendapat kelonggaran jalan menuju akhirat.

Kelonggaran jalan tersebut diumpamakan seperti orang yang mengenakan baju besi. Ya, mereka yang rutin bersedekah akan memiliki perisai layaknya baju besi namun tidak sama sekali menimbulkan rasa tidak nyaman. Baju besi tersebut akan terasa lapang dan longgar dan tidak menimbulkan bekas sedikit pun. Hal ini akhirnya membuat sang pemakai tidak akan merasa tersiksa.

Ya, begitulah sekiranya manfaat sedekah di bulan haram. Amalan baik ini akan meninggalkan pahala luar biasa. Tak tanggung-tanggung, Allah Subhanahu wa Ta’ala juga akan memudahkan jalan kita menuju Surga tanpa hambatan. Ini semua karena kebiasaan sedekah kita yang membuat segalanya terasa semakin mudah.

Related Articles

Back to top button