Gemar Sedekah Alasan Ditinggikannya Derajat Seorang Hamba

Sedekah

Gemar Sedekah Alasan Ditinggikannya Derajat Seorang Hamba

Sedekah merupakan amalan sunnah yang terkenal akan ragam keutamaannya. Perbuatan baik ini dapat dilakukan dengan atau tanpa membelanjakan harta. Meski pun ada harta yang kita sisihkan untuk kaum dhuafa, Allah SWT telah berjanji tidak akan mengurangi jumlahnya sedikit pun. Bahkan sedekah dipercaya dapat menambah kemuliaan.

Hal ini serupa dengan pesan Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagaimana dalam suatu hadist, beliau diketahui pernah bersabda:

“Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya.” (HR. Muslim No. 2588)

Sedekah yang dilakukan atas dasar keikhlasan senantiasa akan membawa kebaikan bagi yang mengamalkannya. Bahkan harta yang dibelanjakan di jalan Allah sesuai dengan hadist di atas diyakini dapat meninggikan derajat seseorang. Peningkatan derajat tersebut tentu didapatkan melalui kemuliaan yang juga dihadirkan oleh amalan sedekah.

Tidak hanya itu, sedekah akan jadi lebih utama jika mampu hadir sebagai bagian dari hidup kita. Tepat sekali, menjadikan sedekah sebagai rutinitas dan kebiasaan sehari – hari dapat membantu seseorang mensyukuri setiap nikmat yang diberikan Allah padanya. Oleh karena itu, hendaknya kita jangan ragu untuk memulai kebiasaan baik ini kapan pun dan dimana pun.

Back To Top