Kesehatan

Keutamaan dan Manfaat Mengonsumsi Secara Rutin Buah-Buahan

Buah-buahan dikenal sebagai jenis makanan yang menawarkan berbagai macam kandungan nutrisi. Memasukkannya ke dalam salah satu menu harian kita diyakini mampu mendukung terjaganya kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, buah-buahan tertentu juga diketahui dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit sekaligus berperan sebagai penyembuh alami. Maka dari itu, tidak ada salahnya menyertakan buah sebagai salah satu menu harian kita.

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga memerintahkan hamba-Nya untuk dapat mengonsumsi buah-buahan yang ada di bumi. Sebagaimana diketahui dalam al-Qur’an Allah berfirman,

“..kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu)…” (QS. an-Nahl: 69)

Ayat di atas menjelaskan tentang perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala pada manusia untuk mengonsumsi segala macam buah-buahan. Hal ini sejatinya merupakan seruan Allah pada hamba-Nya untuk meyakini kekuasaan-Nya. Buah-buahan adalah jenis bahan makanan alami yang berasal dari berbagai macam pepohonan, baik yang besar mau pun yang kecil. Segala hal yang alami tentu saja diyakini memiliki manfaat kebaikan yang luar biasa.

Melansir Alodokter, secara medis buah-buahan sendiri mengandung ragam nutrisi seperti serat, vitamin A, vitamin C, folat, dan juga kalium. Kesemua nutrisi tersebut mampu mendukung tubuh untuk menjaga fungsi saluran pencernaan, menjaga jaringan dari kerusakan akibat radikal bebas, dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, buah-buahan juga berperan aktif dalam pembentukan darah dan juga mampu menjaga fungsi sistem saraf.

Seluruh fungsi tersebut dapat bekerja sama dengan maksimal untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit. Mereka yang rutin mengonsumsi buah-buahan dapat terhindar dari obesitas. Tidak hanya itu, kadar kolesterol dan tekanan darah juga dapat dikontrol. Mengonsumsi rutin buah-buahan juga bermanfaat untuk menurunkan berbagai resiko penyakit mulai dari diabetes tipe 2, stroke, jantung, kanker, dan juga hipertensi.

Related Articles

Back to top button