Hewan Qurban, Salah Satu Saksi Perbuatan Amal yang Kita Lakukan di Dunia

Sedekah

Hewan Qurban, Salah Satu Saksi Perbuatan Amal yang Kita Lakukan di Dunia

Hari Raya Idul Adha sejatinya merupakan momen yang tepat bagi umat Muslim untuk menginfakkan hartanya dijalan Allah SWT. Ya, hal ini dapat dilakukan dengan menunaikan ibadah sunnah qurban. Bagi mereka yang memiliki kelapangan, berqurban sangat dianjurkan. Pasalnya pelaksanaan ibadah ini tak hanya akan mendapat pahala berlipat ganda saja tapi juga sangat dicintai oleh Allah SWT.

Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wasallam pun jug secara tegas menganjurkan hal yang sama. Sebagaimana dalam suatu hadist beliau pernah bersabda:

“Tidak ada amalan yang dikerjakan anak Adam ketika hari (raya) kurban yang lebih dicintai oleh Allah Azza Wa Jalla dari mengalirkan darah. Sesungguhnya pada hari kiamat ia akan datang dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya dan bulunya. Sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada Allah Azza Wa Jalla sebelum jatuh ke tanah, maka perbaguslah jiwa kalian dengannya.” (HR. Ibnu Majah)

Hadist di atas menjelaskan tentang keutamaan ibadah sunnah qurban. Hewan – hewan yang diqurbankan kelak akan menjadi saksi perbuatan baik kita saat hari perhitungan tiba. Setiap bagian dari tubuh hewan tersebut baik itu tanduknya, kukunya, hingga bulunya akan secara langsung bersaksi sebagai niat untuk mendekatkan diri pada Allah SWT.

Maka dari itu, bagi siapa yang memiliki kelapangan hendaknya tidak menunda ibadah ini. Mengingat kesempatan berqurban hanya datang sekali dalam setahun saja, manfaatkanlah dengan sebaik mungkin. Bahkan jika Kawan memiliki keterbatasan biaya namun tetap ingin ikut serta dalam berqurban, dukung program donasi kami bertajuk Aksi Sedekah Daging Qurban Nusantara.

Klik informasi lengkapnya di sini.

Back To Top