Kesehatan

Kenali Cara dan Kandungan yang Tertera Saat Memilih Hand Sanitizer

Hand sanitizer kini menjadi salah satu hal yang wajib dipersiapkan saat hendak berpergian ke luar rumah. Bukan tanpa sebab, pasalnya tangan merupakan awal mula media penularan infeksi. Di sisi lain, paparan COVID – 19 juga cenderung tinggi pada area tertentu yang kebersihannya tidak terjaga.

Sebut saja tangga penyebrangan jalan, halte bus, loket pembelian tiket kereta listrik, dan area sejenis lainnya disinyalir merupakan pusat berpindahnya virus corona. Oleh karena itu, hand sanitizer menjadi pilihan praktis dalam upaya memastikan kebersihan tangan agar tetap terjaga.

Namun, sejatinya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kita memilih hand sanitizer yang tepat. Senyawa atau zat yang terkandung di dalamnya ternyata memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Untuk dapat membersihkan seluruh kuman ataupun bakteri pada tangan, hendaknya memilih hand sanitizer dengan kandungan alkohol rata – rata berada di angka 70 persen. Tidak hanya itu, kinerja hand sanitizer juga akan lebih baik jika dipadu dengan senyawa lain yang bersifat non – transgenik.

Sayangnya, dilansir melalui cnnndonesia.com demi mendapatkan aroma tertentu hand – sanitizer juga sering dibaur dengan kandungan bahan kimia lain seperti phthalates. Jika digunakan dalam jangka waktu lama, bahan kimia ini dapat menggangu endokrin yang berakibat pada penurunan jumlah sperma.

Tidak hanya itu, pastikan juga apakah hand sanitizer yang hendak dibeli memiliki kandungan triclosan. Bukan tanpa sebab, senyawa ini juga dapat menjadi penyebab hormon tubuh terganggu dan erat kaitannya dengan resistensi antibiotik.

Demi memastikan kesehatan Kawan dan keluarga terjaga, hendaknya perlu diperhatikan keberadaan kandungan – kandungan tersebut sebelum benar – benar membeli hand sanitizer.

Related Articles

Back to top button