Kesehatan

Efektifitas Olahraga Dalam Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Berolahraga sering kali menjadi salah satu hal yang dianjurkan untuk menjaga daya tahan tubuh. Hal ini semakin utama lagi untuk dilakukan di masa pandemi seperti ini. Bukan tanpa alasan, pasalnya tidak semua orang memiliki kekebalan tubuh yang baik dalam menghadapi penyakit. Namun, kita tentu bertanya – tanya apakah olahraga benar – benar efektif dalam meningkatkan imunitas tubuh?

Melansir Halodoc, olahraga bekerja dengan meningkatkan aliran darah dan getah bening saat otot tubuh kita berkontraksi. Alhasil, sirkulasi sel kekebalan pun dapat ikut meningkat dan memungkinkan mereka menjelajah tubuh dengan kecepatan tinggi dan juga dalam jumlah yang tinggi. Sementara dalam kondisi normal, sel – sel tersebut hanya berkumpul di beberapa jaringan dan organ limfoid tubuh saja seperti limfa yang melakukan fungsi untuk membunuh virus, bakteri, serta mikroorganisme penyebab penyakit.

Berdasarkan fakta ini, rutin berolahraga dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Namun, hanya ada beberapa jenis olahraga tertentu yang mampu mendukung fungsi ini. Salah satunya adalah olahraga aerobik seperti berjalan kaki, berlari, atau pun bersepeda. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kecepatan saat melakukan jenis olahraga tersebut. Pastikan bahwa kita meningkatkan kecepatannya agar dapat menstimulasi sel kekebalan masuk dalam sirkulasi.

Related Articles

Back to top button