Pendidikan

Doa Memohon Perlindungan untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak

Tumbuh kembang seorang anak menjadi salah satu harapan tertinggi orang tua. Bagaimana tidak? Hal tersebut tak bisa diperoleh begitu saja melalui upaya-upaya semata. Pada kenyataannya, tumbuh kembang anak-anak kita haruslah didambakan dan didoakan dengan baik agar dapat terwujud sesuai harapan. Namun, apalah arti sebuah kesempurnaan tumbuh kembang anak tanpa adanya keselamatan dalam dirinya? Maka dari itu, memohon perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah salah satu hal yang wajib dilakukan orang tua.

Terkait hal ini, ada baiknya jika kita meniru Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wasallam tatkala mendoakan kedua cucu tersayangnya yakni Hasan dan Husein. Berikut doa yang biasa diucapkan Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wasallam,

U’īdzukuma bi kalimātillāhit tāmāti min kulli syaithānin wa hāmmatin wa min kulli ‘aynin lāmmah.

Artinya: “Aku melindungi kalian berdua dengan kalimat Allah yang sempurna dari segala setan, hewan melata, dan segala penyakit ain yang ditimbulkan mata jahat.” (HR. Abu Daud)

Hadist di atas menjelaskan tentang salah satu doa yang biasa diucapkan Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wasallam untuk kedua cucunya, Hasan dan Husein. Di dalam doa tersebut beliau meminta perlindungan bagi cucunya dari tiga hal buruk kepada Allah Subhnahu wa Ta’ala. Pertama, Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wasallam meminta perlindungan bagi kedua cucunya dari gangguan setan. Tepat sekali, setan memang senang mengganggu manusia yang lalai terlebih lagi anak-anak kecil.

Salah satu tanda bahwa anak terkena gangguan setan adalah sering rewel dan sulit tidur. Tidak hanya itu, Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wasallam juga memohon perlindungan dari hewan melata bagi kedua cucunya. Tak hanya berbahaya, hewan melata juga bisa menjadi jelmaan dari jin dan setan. Sementara yang ketiga, Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wasallam juga memohonkan perlindungan bagi kedua cucunya dari penyakit ain. Seluruh kondisi ini dapat memengaruhi tumbuh kembang mereka.

Maka dari itu, orang tua disarankan untuk tidak hanya menjaga fisik anak-anak mereka saja tapi juga dari gangguan dan bahaya hal-hal yang ghaib. Mungkin masih banyak orang yang tidak memercayai adanya hal ghaib. Namun, memercayai hal yang ghaib termasuk dalam ajaran agama Islam karena Allah Subhanahu wa Ta’ala memang menciptakan manusia dan jin hidup berdampingan meski berbeda dunia. Memperbanyak doa dapat menjadi perisai bagi kita untuk terhindar dari gangguan ghaib terutama bagi anak-anak.

Related Articles

Back to top button