Pendidikan

3 Trik Aman Membentuk Kelompok Belajar Saat Pandemi

Belajar di rumah saja mungkin sudah masuk tahap membosankan paling luar biasa. Bukan tanpa alasan, pasalnya pandemi virus corona membuat aktifitas yang biasa di lakukan di sekolah menjadi terhenti seketika. Tidak ada lagi kegiatan ekstra kurikuler, jajan bersama teman di kantin, atau sekedar mendiskusikan materi pelajaran di sela jam istirahat.

Meskipun begitu, ga ada salahnya untuk mencari cara agar belajar di rumah tetap terasa asiknya. Yuk coba saja bentuk kelompok belajar dengan teman – teman. Sebelum memulainya, Kawan tetap haru menjaga protokol kesehatan ya. Berikut beberapa tips yang bisa dimanfaatkan:

Batasi anggota kelompok belajar

5 orang sepertinya sudah cukup untuk membentuk kelompok belajar. Ya, membatasi anggota tentu saja penting. Selain mengurangi resiko penyebaran COVID – 19, anggota yang terbatas juga dapat memaksimalkan kegiatan belajar kelompok. Pasalnya, semakin banyak anggota tentu saja akan semakin tinggi kebisingan yang mungkin terjadi. Pastikan tetangga sekitar tidak terganggu dengan kita.

Tentukan dan tetapkan lokasi belajar

Lokasi belajar yang paling memungkinkan untuk menyesuaikan kondisi saat ini tentu saja rumah sendiri. Ada baiknya Kawan memilih lokasi rumah anggota yang mudah dikunjungi. Bila memungkinkan, tidak perlu mengganti lokasi agar siapapun yang masuk ke kawasan rumah tersebut tetap terjaga keamanan dan kesehatannya.

Manfaatkan platform bimbingan belajar daring

Saat ini sudah banyak hadir bimbingan belajar (bimbel) online yang bisa Kawan manfaatkan sebagai pendamping aktifitas sekolah di rumah. Manfaatkan sebaik mungkin kemudahannya bahkan untuk meminimalisir pengeluaran, bisa juga lho biaya bimbel online ini dilakukan bersama. Ya, selain murah meriah manfaat yang diraih tentu saja sangat maksimal bukan?

Nah, gampang banget kan Kawan? Sudah terbayang bagaimana serunya aktifitas belajar kelompok ini? Meskipun begitu, tetap patuhi protokol kesehatan ya dan pastikan setiap anggota kelompok selalu menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Ini semua dilakukan demi kenyamanan bersama. Selamat mencoba.

Related Articles

Back to top button