Tak Didukung IDI Makassar, Rencana Sekolah Tatap Muka Sulawesi Selatan Terhambat Sementara

Pendidikan

Tak Didukung IDI Makassar, Rencana Sekolah Tatap Muka Sulawesi Selatan Terhambat Sementara

Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan sebelumnya tengah mencanangkan rencana terkait pelaksanaan pembelajaran tatap muka pada siswa kelas XII. Sayangnya, hal tersebut hingga saat ini belum mendapatkan dukungan penuh dari berbagai pihak yang turut berwenang dalam penanganan kasus COVID – 19.

Melansir idntimes.com, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar merupakan salah satu pihak yang menyampaikan ketidak – setujuan hal tersebut. Situasi pandemik virus corona yang belum mereda di daerah tersebut menjadi alasan utamanya. Bahkan posisi Sulawesi Selatan masih berada di angka 5 – 7 tertinggi kasus COVID – 19 di Indonesia.

dr. Siswanto Wahab selaku Ketua IDI Makassar mengungkapkan bahwa pembukaan sekolah kembali secara tatap muka dikhawatirkan mampu menigkatkan kemungkinan munculnya klaster baru virus corona. Tak hanya di lingkungan sekolah saja, penularan COVID – 19 oleh warga sekolah yang berpartisipasi juga bisa ikut terbawa hingga mereka pulang ke rumah.

Hal tersebut dapat menimbulkan dampak yang lebih berbahaya lagi karena penyebarannya yang bisa jadi tidak terkendali. Terutama, para warga sekolah saat ini belum menjadi pihak yang bisa mendapatkan vaksinasi. Tentu saja, kekhawatiran tersebut semakin besar adanya. Berlandaskan alasan ini, IDI Kota Makassar meminta Dinas Pendidikan setempat dapat mengkaji ulang rencana terkait.

Sementara, di sisi lain Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan menyatakan bahwa pihaknya sangat ingin mendukung pendidikan para siswa kelas akhir. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, ada kebutuhan khusus yang diperlukan oleh murid XII terkait pelaksanaan Ujian Akhir Semester. Belajar dan ujian secara daring menurutnya belum menjadi cara yang tepat untuk mendukung pendidikan mereka.

Back To Top