Pendidikan

3 Cara Asik Manfaatkan Golden Age Anak Untuk Pelajari Huruf Hijaiyah

Usia 0 sampai 5 tahun merupakan masa yang dipercaya sebagai tahapan emas tumbuh kembang seorang anak. Di momen ini otak mereka masih dipenuhi dengan sel – sel yang bisa menangkap informasi dengan baik. Tidak jarang, akan terdapat banyak momen yang tersimpan dengan baik dalam ingatan mereka.

Oleh karena itu, orang tua dianjurkan dapat memanfaatkan momen ini semaksimal mungkin. Salah satu hal yang bisa dilakukan pada tahapan ini adalah dengan memulai belajar mengaji. Tentu, seorang anak akan terlebih dahulu harus mengenal ragam huruf hijaiyah. Meski terdengar sederhana, namun nyatanya memperkenalkan hal ini tidak jarang menjadi tantangan tersendiri lho bagi para orang tua.

Lantas, bagaimana caranya agar orang tua millenials bisa memanfaatkan masa keemasaan anak untuk mulai belajar mengaji dengan lebih mudah? Simak tipsnya dibawah ini.

Memperlihatkan dan memperdengarkan

Di usia 5 tahun keemasan, anak rata – rata memiliki kemampuan cepat mengingat. Oleh karena itu, memperkenalkan huruf hijaiyah bisa dimulai dengan cara memperlihatkan bentuk sekaligus melafalkan suara huruf tersebut. Pastikan anak secara urut mengenal serta menghapal masing – masing huruf tersebut. Jangan lupa lakukan hal ini berulang sesuai kebutuhan, agar anak tidak cepat merasa bosan.

Mencontohkan dan mengajak anak menulis huruf dengan pensil warna

Warna tentu saja sangat menarik bagi penglihatan balita. Manfaatkan hal ini untuk mempermudah perkenalan pada huruf hijaiyah. Sediakan fasilitas berupa kertas gambar dan pensil warna yang bisa membuat tampilan huruf semakin menarik. Biarkan anak menikmati hasil kreasinya dengan selalu menempelkan lembaran kertas tersebut di sudut kamar mereka.

Jika berhasil menghapal, hadiahi dengan cemilan kesukaan

Siapa yang tak suka cemilan? Balita Anda juga termasuk salah satunya. Oleh karena itu, untuk menarik minat dan menyemangati mereka pastikan orang tua millenials menyediakan hadiah cemilan untuk anak yang berhasil menghapal setiap huruf hijaiyah. Dengan begitu, mereka akan merasa termotivasi dan semakin menyenangi kegiatan ini.

Bagaimana? Semudah itu bukan? Tunggu apa lagi? Yuk persiapkan segalanya mulai dari sekarang dan pastikan baik ayah ataupun ibu terus mencatat perkembangan emas anak. Dengan begitu, kita dapat mengetahui seberapa cepat peningkatan kemampuan mereka dalam mempelajari dan menghapal masing – masing huruf hijaiyah.

Related Articles

Back to top button