Pendidikan

3 Cara Asik Biayai Kuliah Sendiri

Melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah tentu menjadi keinginan hampir setiap orang. Pendidikan yang tinggi kerap menjadi patokan seseorang bisa mencapai kesuksesan. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk bisa berkuliah. Keterbatasan biaya sudah menjadi rahasia umum penyebab gagalnya seseorang melanjutkan pendidikan.

Namun, bukan berarti impian hanya sekedar bunga tidur belaka. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat membiayai pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sendiri. Apa saja kira – kira? Berikut tips sederhananya.

Mencari beasiswa

Beasiswa tentu jadi pilihan utama dalam mengatasi hal ini. Namun, mengingat peminat beasiswa tidaklah sedikit penyelenggara biasanya akan mamatok standar yang cukup tinggi. Oleh karena itu, diperlukan banyak usaha agar bisa terpilih mendapatkan beasiswa salah satunya, mempertahankan prestasi, menambah kemampuan berbahasa asing, dan pastinya sering meminta rekomendasi guru.

Bekerja paruh waktu di toko waralaba

Hal yang satu ini cukup menjanjikan lho. Pasalnya, dengan bekerja paruh waktu di toko waralaba kamu bisa mendapatkan penghasilan sekitar 2 juta rupiah per bulan. Tidak hanya itu, jam kerjanya pun cenderung lebih sedikit yaitu tidak sampai 4 jam. Bayangkan, dengan kelonggaran waktu yang kamu miliki, tentu masih ada kesempatan untuk mengasah pengetahuan bukan?

Coba profesi freelancer

Yang satu ini juga cukup menguntungkan Kawan. Di zaman serba canggih seperti sekarang, kebutuhan seseorang tentu semakin banyak. Berbagai aspek kehidupan dan pekerjaan juga membutuhkan tenaga bantuan yang memiliki waktu cenderung fleksibel. Kamu bisa mengisi profesi ini lho beberapa contohnya seperti penulis lepas, fotografer paruh waktu, editor fotografi, bahkan asisten makeup artist.

Nah, bingung kan mau coba yang mana? Semoga sukses Kawan.

Related Articles

Back to top button