Pendidikan

Tips Sederhana Bantu Buah Hati Tetap Semangat Home Learning

Pelaksanaan sekolah tatap muka di Indonesia hingga kini masih sekedar rencana. Pasalnya, pandemi COVID – 19 dalam klaster pendidikan belum benar – benar menemui solusi terbaik untuk mendukung wacana tersebut. Oleh karena itu, para siswa seolah masih dituntut untuk mampu bertahan dalam situasi belajar jarak jauh.

Bosan, mungkin saja melanda perasaan mereka. Namun, apa boleh buat. Online home learning menjadi satu – satunya cara yang bisa dilakukan oleh partisipan pendidikan di kota – kota besar, terutama yang menjadi sentra kasus penularan infeksi virus corona. Oleh karena itu, sudah sepatutnya sebagai orang tua millenials kita kembali membantu buah hati untuk dapat memulihkan konsentrasi.

Apa yang bisa kita lakukan? Simak tips mudahnya di bawah ini.

Membantu buah hati menata kembali ruang belajar

Meskipun tengah melakukan pembelajaran jarak jauh, ruang dan meja yang digunakan juga perlu diperhatikan. Bantu anak untuk bisa menata kembali ruang belajar mereka. Hindari barang – barang yang tidak diperlukan. Gunakan organizer untuk menata alat tulis mereka sehingga buah hati tak perlu lagi kebingungan mencari hal yang diperlukan selama sesi belajar online.

Meminimalisir hal yang mengganggu konsentrasi mereka

Suara bising TV serta kehadiran gadget dalam berbagai jenis di ruang belajar, menjadi beberapa hal yang mungkin saja dapat mengganggu konsentrasi anak saat pembelajaran jarrak jauh. Oleh karena itu, selama kegiatan tersebut berlangsung, letakan barang – barang yang mungkin menimbulkan gangguan jauh dari ruang belajar mereka.

Mendukung kesehatan buah hati baik secara fisik maupun mental

Belajar di rumah nyatanya membutuhkan energi yang lebih besar. Situasi dan kondisi yang begitu nyaman membuat buah hati justru lebih ingin bersantai dibanding belajar. Oleh karena itu, kita perlu mendukung kesehatan mereka melalui makanan kaya nutrisi. Jangan ragu pula mengajak mereka mengobrol agar dapat mengungkapkan kegelisahan yang dirasakan terkait metode pembelajaran jarak jauh.

Related Articles

Back to top button