Sedekah

Tak Punya Harta, Agungkan Allah dengan Kata-Kata Indah Bernilai Pahala Sedekah

Pada lubuk hati setiap orang yang beriman tentu ada keinginan yang tersimpan begitu dalam. Keinginan tersebut jarang bisa diutarakan akibat ketidakmampuan untuk melakukannya. Tepat sekali, keinginan yang dimaksud adalah kemampuan untuk senantiasa bersedekah. Meski terdengar cukup sederhana, namun sejatinya sedekah adalah harapan yang begitu bernilai tak hanya untuk diri sendiri tapi juga orang lain. Sayangnya, keterbatasan harta sering kali membuat niat sedekah jadi diundur kembali.

Pada kenyataannya, pahala sedekah tak memandang seberapa banyak materi yang kita miliki. Ya, hal ini lantaran sedekah dapat dilakukan dengan beragam amalan baik yang bernilai di mata Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bagi yang tak memiliki harta jangan ragu untuk meraih pahala tersebut dengan senantiasa bertasbih, bertakbir, dan juga bertahmid kepada Allah. Hal ini sebagaimana diketahui dalam suatu hadist bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

Bukankah Allah telah menjadikan untuk kalian kesempatan untuk mendapat pahala sedekah? Sesungguhnya setiap tasbih bernilai sedekah, setiap takbir bernilai sedekah, setiap tahmid bernilai sedekah, setiap tahlil bernilai sedekah,…”(HR. Muslim 1006)

Hadist di atas adalah bukti nyata kebesaran dan kebaikan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah tidak pernah mempersulit hamba-Nya yang menginginkan kemudahan untuk mendapatkan pahala dari-Nya. Selain sholat fardhu sebagai ibadah wajib, sedekah juga menjadi peluang baik bagi umat Islam untuk bisa mendapatkan pahala. Meski tanpa harta, pahala tersebut tetap bisa kita peroleh dari kata-kata indah yang senantiasa bermakna mengagungkan Allah Subhanahau wa Ta’ala.

Terkait hal ini, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam berpesan bahwa setiap tasbih atau kata ‘Subhanallah’ yang kita sebutkan sehabis sholat bernilai sedekah. Setiap takbir atau kata ‘Allahu Akbar’ juga bernilai sedekah. Dan setiap tahmid atau kata ‘Alhamdulilah’ yang kita sebutkan juga senantiasa bernilai sedekah. Begitu baiknya Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadikan seluruh kata-kata indah ini pahala sedekah bagi hamba-Nya yang selalu berupaya mengingat diri-Nya.

Related Articles

Back to top button