Sedekah

Rutin Berinfak di Bulan Ramadhan, Ini Keutamaan yang Didapatkan

Ramadhan sering kali menjadi saat yang tepat bagi umat Muslim untuk merutinkan segala macam perbuatan baik, salah satunya adalah berinfak. Tentunya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membelanjakan harta di jalan Allah tersebut. Menyantuni anak yatim, berbagi menu berbuka pada dhuafa, hingga menyebarkan parcel lebaran pada yang membutuhkan adalah beberapa jenis infak.

Meski terdengar cukup sederhana, sejatinya infak memiliki keutamaan yang tiada tara. Allah SWT menjanjikan beragam kebaikan pada hamba – Nya yang mampu merutinkan amalan baik ini. Dalam Al – Qur’an, Allah pernah berfirman:

“Dan bersegeralah kamu kepada keampunan Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang takwa. Yaitu orang-orang yang menginfakkan (hartanya) baik di waktu senang atau di waktu susah, dan orang-orang yang menahan kemarahannya dan memaafkan kesalahan orang. Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan”. (QS. Ali Imran: 133-134)

Ayat di atas menjelaskan tentang janji Allah SWT pada hamba yang senantiasa rutin berinfak. Tak hanya pahala saja, perbuatan baik tersebut bahkan kelak akan diganti Allah dengan rejeki yang lebih baik lagi. Bahkan hal ini juga menjadi bagian dari lantunan doa para malaikat. Sebagaimana sabda Rasulullah Muhammad SAW yang berbunyi:

“Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR. Bukhari)

Hadist di atas juga memperkuat janji Allah yang tak pernah ingkar tersebut. Tentu, Allah SWT akan mendengar setiap doa para malaikat terutama yang ditujukan pada sebagian besar hamba – Nya yang taat atas perintah – Nya. Oleh karena itu, sudah sepatutnya bagi kita agar dapat membiasakan diri merutinkan perbuatan baik ini. Keutamaannya bahkan melebihi harta yang kita keluarkan.

Related Articles

Back to top button