Pendidikan

Pentingnya Menegakkan Keadilan Antar Anak Laki-Laki dan Perempuan dalam Keluarga

Kaum perempuan merupakan makmum bagi laki-laki. Kondisi ini memang sejatinya telah dibentuk oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala jauh-jauh hari. Hal tersebut juga tertera secara jelas dalam al-Qur’an. Namun, sering kali kenyataan ini justru menimbulkan pandangan yang salah terutama ketika sebuah keluarga dikaruniai anak perempuan ketimbang laki-laki. Semangat dan suka cita menjadi padam memandang bahwa laki-laki lebih membanggakan. Pada kenyataannya, anak perempuan justru merupakan kunci bagi orang tua agar dapat dengan mudah menuju Surga.

Diriwayatkan dalam hadis Abdullah bin Abbas, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Siapa yang memiliki anak perempuan, dia tidak membunuhnya dengan dikubur hidup-hidup, tidak menghinanya, dan tidak lebih mengutamakan anak laki-laki, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga.” (HR. Abu Daud)

Hadist di atas menjelaskan tentang keutamaan bersikap adil terhadap anak laki-laki dan perempuan. Hal ini lantaran masih ada tertanam dalam diri sebagian orang yang menganggap bahwa laki-laki lebih bermanfaat dari pada perempuan. Pada kenyataannya, setiap dari diri laki-laki maupun perempuan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Orang tua harus memahami bahwa baik antara laki-laki dan perempuan memiliki peluang untuk saling melengkapi satu sama lain.

Rasulullah pun menganjurkan pada umatnya, terutama bagi orang tua untuk tidak memandang sebelah anak perempuan mereka. Pasalnya, bagi mereka yang mampu bersabar merawat dan menyayanginya, Allah Subhanahu wa Ta’ala akan mendekatkan Surga pada mereka. Seorang anak perempuan yang diberikan hak sama layaknya laki-laki dalam hal perawatan, kasih sayang, dan pendidikan mampu menjadi alasan bagi orang tuanya untuk masuk ke dalam Surga-Nya Allah.

Hal ini dikarenakan orang tua telah dengan tulus dan ikhlas merawat anak perempuan mereka. Bahkan, akan sangat menguntungkan jika mereka kelak juga mampu mendatangkan manfaat bagi agama dan sesama. Peluang orang tua berbahagia menuju Surga juga akan semakin besar. Oleh karena itu, bagi siapa saja yang dikarunia anak perempuan hendaknya tetap mengedepankan kesabaran dan perlakuan yang setara dengan anak laki-laki mereka. Ingatlah, bahwa antara laki-laki dan perempuan saling melengkapi, begitu juga dengan kehidupan anak-anak dalam sebuah rumah tangga.

Related Articles

Back to top button