Kesehatan

Pentingnya Memelihara Semangat Hidup untuk Kesehatan yang Prima

Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi tercapainya tubuh yang sehat dan prima. Selain pola hidup, pola pikir nyatanya juga termasuk dalam faktor penentu hal tersebut. Bagaimana tidak? Pikiran manusia bahkan memiliki pengaruh yang kuat terhadap kondisi tubuh. Hal ini dikarenakan pikiran manusia mampu menumbuhkan atau justru melenyapkan semangat hidup seseorang.

Maka dari itu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam kepada umatnya selalu mewanti-wanti untuk selalu bersemangat. Tujuannya adalah agar kita tidak mudah menjadi sosok yang lemah. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dia berkata bahwasanta “Rasulullah bersabda yang berbunyi sebagai berikut,

Orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah Subhanahu wa Ta ‘ala daripada orang mukmin yang lemah. Pada masing-masing memang terdapat kebaikan. Capailah dengan sungguh-sungguh apa yang berguna bagimu, mohonlah pertolongan kepada Allah Azza wa Jalla dan janganlah kamu menjadi orang yang lemah. Apabila kamu tertimpa suatu kemalangan, maka janganlah kamu mengatakan; ‘Seandainya tadi saya berbuat begini dan begitu, niscaya tidak akan menjadi begini dan begitu’. Tetapi katakanlah; ‘lni sudah takdir Allah dan apa yang dikehendaki-Nya pasti akan dilaksanakan-Nya. Karena sesungguhnya ungkapan kata ‘law’ (seandainya) akan membukakan jalan bagi godaan syetan.'”(HR. Bukhari)

Hadist di atas menjelaskan tentang betapa pentingnya menjadi sosok yang bersemangat. Hal tersebut nyatanya mampu menaruh dampak signifikan pada kekuatan tubuh seseorang. Mereka yang mudah bersedih hati dan kehilangan semangat dapat menjadi penyebab melemahnya kondisi fisik. Umat Islam dilarang untuk terpuruk terlalu dalam pada ketetapan Allah Ta’ala yang tak sesuai dengan keinginan mereka.

Kita dianjurkan untuk dapat memelihara sifat qanaah, yakni rela dan menerima takdir dari Allah. Hal ini tentu saja sangat berpengaruh pada pikiran dan kesehatan tubuh kita. Qanaah membantu kita lebih mudah berlapang dada. Tidak hanya itu, dengan memelihara sifat baik ini kita dapat selalu meraih semangat hidup dan terhindar dari godaan syetan penyebab timbulnya jiwa-jiwa yang lemah.

Related Articles

Back to top button