Kesehatan

Pastikan Berat Badan Ideal Untuk Pertahankan Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi merupakan fokus utama yang saat ini gencar dilakukan semua orang. Beragam upaya dilaksanakan mulai dari memperbaiki pola makan, olahraga teratur, hingga memperhatikan kebijakan protokol kesehatan. Sayangnya, bagi beberapa orang dengan kondisi kelebihan berat badan upaya tersebut belum bisa benar – benar memberikan hasil yang efektif.

Ya, bagaimana tidak? Nyatanya berat badan di atas rata – rata dapat menambah resiko gangguan kesehatan yang serius. Kondisi tubuh dengan kadar lemak berlebih dapat meningkatkan terjadinya berbagai macam penyakit. Bukan tanpa alasan, pasalnya kelebihan berat badan dapat memengaruhi kinerja hormon insulin.  Hal tersebut juga merupakan awal mula penyebab terjadinya penyakit jantung.

Ya, dalam kondisi seperti ini lemak berlebih dapat menimbulkan timbunan kolesterol, kenaikan tekanan darah, hingga penyumbatan arteri. Bahkan resiko komplikasi juga mungkin saja terjadi seperti diabetes dan juga stroke. Hal ini bahkan dapat menimbulkan dampak lebih buruk pada orang yang dalam keluarganya terdapat riwayat penyakit tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu, menjaga berat badan ideal sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Memperbaiki pola hidup dengan aturan diet imbang gizi dan rutin olah raga merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan. Meskipun begitu, konsistensi dan disiplin diri juga adalah hal yang utama. Jika tidak terdapat keseimbangan di antara keduanya tentu berat badan ideal akan sulit dicapai. 

Related Articles

Back to top button