Kemanusiaan

Muslim yang Baik, Ini Salah Satu Ciri – Cirinya

‘Time is money’

Tentu Kawan telah sering sekali mendengar ungkapan di atas bukan? Ya, pribahasa yang mengungkapkan bahwa waktu adalah uang mungkin pada awalnya terasa cukup sukar. Namun, rata – rata seseorang baru menyadari arti ungkapan tersebut yang sebenarnya ketika mereka telah benar – benar menyadari bahwa waktu yang dimiliki bahkan yang telah lewat tak dapat kembali lagi.

Maka dari itu, memanfaatkan waktu sebaik mungkin adalah salah satu hal bermanfaat yang bisa dilakukan oleh seseorang di masa hidupnya. Terutama bagi umat Muslim, hal ini menjadi salah satu tujuan hidup yang sangat dianjurkan. Bahkan Rasulullah Muhammad SAW dalam suatu hadist beliau diketahui pernah bersabda yang berbunyi,

“Di antara keindahan Islam seseorang adalah meninggalkan hal – hal yang tak bermanfaat.” (HR. Imam at – Tirmidzi)

Tepat sekali, hadist di atas sejatinya tak hanya menjelaskan perbuatan terbaik yang bisa dilakukan oleh seorang Muslim saja lho Kawan. Memanfaatkan waktu untuk meninggalkan hal – hal tak bermanfaat juga merupakan salah satu bagian dari ciri- ciri akhlak seseorang yang mumpuni. Bukan tanpa alasan, pasalnya dengan tetap memanfaatkan waktu sebaik mungkin seseorang akan terhindar dari perbuatan sia – sia terutama maksiat. Hal seperti ini nyatanya hanya akan menimbulkan kemudaratan saja.

Oleh karena itu, sekecil apapun perbuatan atau aktifitas baik yang dilakukan tentu akan lebih bermanfaat dibanding hanya membuang waktu dalam lamunan saja. Jadi, manfaatkanlah waktu yang diberikan oleh Allah SWT untuk setidaknya membenahi diri dari sifat – sifat tercela. Dengan begitu, kita sudah termasuk ke dalam kategori Muslim yang bermanfaat terlebih lagi jika ada saudara kita yang juga merasakan manfaat dari diri kita. Sungguh sangat menyenangkan bukan?

Related Articles

Back to top button