Sedekah

Manfaat Sedekah Sebagai Penyembuh Diri Dari Penyakit

Berbicara tentang manfaat sedekah tentu tidak dapat dihitung jumlahnya. Bahkan secara umum, Allah SWT menjanjikan kemudahan hidup bagi orang – orang yang gemar melakukan aksi baik ini. Salah satu dari hal tersebut tentu saja termasuk ke dalam kemudahan untuk sembuh dari penyakit yang diderita.

Pada kenyataannya, Allah SWT berfirman bahwa tidak ada penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Sebagai seorang Muslim sudah sebaiknya melakukan ikhtiar dan doa terkait hal ini. Namun, perasaan gundah gulana diterpa musibah penyakit kadang membuat seseorang lupa.

Sesungguhnya ada mereka yang lebih menderita dalam hidupnya karena tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup harian, yaitu fakir dan miskin. Mengingat hal ini, seseorang dianjurkan untuk memudahkan kehidupan orang yang membutuhkan agar dapat mendatangkan manfaat bagi dirinya.

Ya, bersedekah dipercaya mampu menyembuhkan penyakit. Tersirat makna keikhlasan dan baiknya berbagi dalam aksi positif ini. Jika kita yang tengah sakit dapat memerdekakan kehidupan para fakir dan miskin maka hal serupa tentu saja juga akan menimpa kita. Begitulah yang Allah SWT janjikan.

Dalam Shifatun ‘Ilaajiyyah Tuzilu Al-Amraadh bi Al-Kulliyyah disebutkan:

“Wahai saudaraku yang sedang sakit, janganlah Anda bakhil terhadap diri Anda sendiri. Sekaranglah waktunya untuk sedekah”.

Sedekah terkait hal ini hendaknya disertai dengan lafadz niat dan doa memohon kesembuhan langsung dari Allah SWT. Karena sejatinya penyakit yang diderita bukanlah terjadi akibat terkena keburukan namun merupakan cobaan dari Allah SWT dan menyembuhkannya pun dianjurkan dengan cara berbagi.

Related Articles

Back to top button