Kemanusiaan

Kunci Utama Bertambahnya Umur yang Berkah

Menebar manfaat, begitulah sejatinya tujuan hidup yang sepatutnya tertanam dalam setiap hati kaum Muslim. Manfaat mungkin tidak memiliki nilai serupa dengan harta. Namun, pahala yang ditawarkan tentu tidak akan ada yang dapat menggantikannya. Terutama bagi orang-orang yang gemar melakukan amal kebajikan, pahala berkepanjangan mungkin saja menjadi hak mereka selama masih ada pihak yang menerima manfaat kebajikannya. Hal ini sejatinya tanda kebesaran dari Allah Subhanahu wa Ta’ala yang tak pernah tidur dan akan selalu mengetahui perbuatan hamba-Nya.

Maka dari itu, hendaknya umat Islam harus dapat selalu bersemangat dalam menjalani kehidupan. Tujuannya adalah agar dapat selalu menebarkan kebaikan pada sesama. Bukan tanpa sebab, pasalnya seseorang belum akan menemukan ajal selama ia masih terus menyalurkan manfaat dirinya pada orang lain. Hal ini sebagaimana diketahui dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu yang berkata bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda,

“….. Karena orang yang mati itu amalnya akan terputus, sedangkan umur seorang mukmin tidak akan bertambah melainkan menambah kebaikan.” (HR. Muslim)

Hadist di atas menjelaskan tentang rahasia dari umur yang terus bertambah dan panjang. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kepada sahabat dan umatnya menyampaikan bahwa salah satu alasan mengapa seorang Mukmin bisa memiliki umur yang senantiasa bertambah adalah kebaikan yang dilakukannya. Amal kebajikan yang kita lakukan sejatinya tak sekedar mendatangkan manfaat bagi orang-orang yang menerimanya saja. Perbuatan tersebut juga mampu menghadirkan manfaat bagi diri kita sendiri. Secara psikologis, melakukan kebaikan diketahui dapat mendatangkan kebahagiaan bagi yang melakukannya.

Saat seseorang menebarkan manfaat pada orang lain, hati mereka akan merasa amat puas. Akan tumbuh rasa senang untuk selalu berbagi kebaikan pada sesama. Ajaibnya, bagi orang-orang yang telah memahami fungsi dari amal kebajikan mereka akan kecanduan. Keinginan untuk selalu berbuat baik akan terus digencarkan. Semakin banyak amal yang disebarkan maka akan semakin bahagia pula keadaan hati orang tersebut. Begitulah sejatinya cara kerja dari amal kebajikan bagi diri pelakunya. Perbuatan amal yang senantiasa dilakukan oleh umat Islam ini pun juga dapat menjadi kunci utama untuk pertambahan umur yang berkah.

Related Articles

Back to top button