Sedekah

Keutamaan Sedekah di Bulan Haram: Diampuninya Dosa-Dosa

Meski telah berkali-kali dilalui, sayangnya tak banyak yang tahu bahwa terdapat beberapa bulan yang dianggap istimewa dalam penanggalan Hijriyah. Keistimewaan tersebut membuat setiap amalan yang dikerjakan oleh umat Islam mampu mendatangkan balasan berlipat-ganda. Salah satu dari rangkaian balasan yang bisa didapatkan oleh mereka yang senantiasa beramal sedekah di bulan haram adalah terampuninya segala macam dosa-dosa.

Hal ini sebagaimana diriwayatkan dalam suatu hadist bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

Sedekah itu memadamkan dosa sebagaimana api dapat dipadamkan dengan air, begitu pula shalat seseorang selepas tengah malam,” (HR. Tirmidzi no. 2616 dan Ibnu Majah no. 3973)

Hadist di atas menjelaskan tentang salah satu faedah bersedekah, terutama yang dilakukan di bulan haram. Sedekah dalam ajaran agama Islam ibarat air. Tak hanya menyejukkan, air juga mampu berfungsi sebagai pemadam api yang tengah berkobar. Sedekah dianggap sebagai pemadam dari setiap dosa-dosa yang pernah kita lakukan. Dengan rutin melakukan amalan sunnah ini, seseorang dapat mengikir dosa-dosa yang mungkin dibawanya di akhirat kelak.

Maka dari itu, sebagai umat Islam penting bagi kita untuk selalu memahami keutamaan dari bersedekah. Bulan haram yang mulia tentu tak datang setiap waktu. Memanfaatkannya sebaik mungkin untuk dapat meraup banyak pahala adalah hal terbaik yang bisa kita lakukan. Di bulan Dzulhijjah ini, umat Islam memiliki kesempatan untuk meraup pahala melalui ibadah qurban. Mari klik link di sini untuk mengetahui langkah mudah menunaikan amalan sunnah ini.

Related Articles

Back to top button