Kesehatan

Ini Asupan Harian yang Tepat Untuk Pemulihan Pasien OTG COVID – 19

Angka penularan COVID – 19 hingga saat ini belum dapat benar – benar dikendalikan. Hal tersebut juga didukung oleh tingginya pasien berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG). Ya, gejala virus corona yang tak dirasakan membuat sebagian orang masih mempertahankan bentuk komunikasi jarak dekat. Isolasi mandiri menjadi salah satu upaya yang dicanangkan guna menghentikan penyebaran penularan COVID – 19 melalui pasien OTG.

Terkait hal ini mau tidak mau, para pasien dituntut bertanggungjawab atas pemulihan dirinya sendiri. Hal ini tentu tidak bisa dilakukan tanpa langkah yang tepat. Guna mempercepat pemulihan pasca terinfeksi virus corona, pasien OTG juga perlu memerhatikan asupan harian yang sehat. Lantas, jenis asupan seperti apa yang dapat mendukung tujuan tersebut?

Melansir bisnis.com, hal pertama yang perlu diperhatikan oleh pasien OTG adalah menghindari makanan dengan proses pengolahan cepat saji. Jenis makanan ini biasanya mengandung tinggi natrium, pengawet, dan juga gula tambahan yang dikhawatirkan mampu menimbulkan peradangan. Tidak hanya itu, makanan yang diproses dengan cara digoreng untuk sementara waktu juga perlu dihindari. Pasalnya jenis makanan ini sangat tinggi lemak dan dapat menyebabkan kolesterol jahat.

Di sisi lain, pasien OTG juga perlu memerhatikan rasa asupan yang dikonsumsi. Hindari makanan dan minuman yang terlalu manis karena dapat meningkatkan peradangan pada tubuh. Sementara itu, makanan pedas dikhawatirkan dapat menimbulkan iritasi pada tenggorokan sehingga memperlambat kemungkinan tubuh untuk segera pulih. Sebagai gantinya, pasien bisa mengonsumsi sup hangat, nasi tim dengan tekstur sedikit lunak, serta jus buah untuk mendapatkan nutrisi seimbang.

Related Articles

Back to top button